Jangan Putus Asa, Ini 5 Hal yang Bisa Dilakukan Jika Tak Lolos SNBP 2024

Jum'at, 29 Maret 2024 - 19:21 WIB
loading...
Jangan Putus Asa, Ini 5 Hal yang Bisa Dilakukan Jika Tak Lolos SNBP 2024
Salah satu hal yang bisa dilakukan jika tak lolos Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2024 adalah dengan mendaftar SNBT. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini 5 hal yang bisa dilakukan jika tak lolos SNBP 2024. Pengumuman SNBP 2024 telah dilakukan pada Selasa 26 Maret lalu. Sebanyak 156.029 peserta Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP) 2024 dinyatakan lolos masuk kampus negeri impian mereka.

Namun, di sisi lain lebih banyak siswa yang tak lolos di SNBP 2024. Apa yang bisa dilakukan peserta SNBP yang dinyatakan tak lolos? Untuk menjawabnya, artikel kali ini akan membahasnya, simak ya!

5 Hal yang Bisa Dilakukan Jika Tak Lolos SNBP 2024


1. Mendaftar SNBT


Langkah yang bisa dilakukan setelah gagal SNBP adalah mendaftar Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) 2024. Pendaftaran SNBT 2024 sudah bisa dilakukan saat ini hingga 5 April 2024.

Sama seperti SNBP, jalur SNBT termasuk ke dalam seleksi SNPMB 2024. Perbedaannya adalah pada jalur ini, siswa akan mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) sebagai penentu kelulusan.

2. Mempertimbangkan Seleksi Mandiri


Masuk kampus tak melulu harus lewat jalur SNBP atau SNBT. Kamu bisa mencoba jalur mandiri di masing-masing PTN tujuan. Seleksi mandiri PTN juga mempunyai banyak jalur di antaranya lewat nilai rapor, nilai UTBK, prestasi akademik/non akademik, hafidz, dan masih banyak lagi.


3. Mencoba Sekolah Kedinasan


Lolos PTN lewat jalur SNBP memang akan memakan biaya yang lebih minim dibandingkan lewat jalur mandiri. Namun, kamu perlu tahu bahwa ada pendidikan tinggi yang tak mengharuskan mahasiswa mengeluarkan biaya pendidikan.

Contohnya sekolah kedinasan. Sekolah-sekolah kedinasan berada di bawah naungan kementerian sehingga pendidikannya gratis. Selain itu, lulusan sekolah kedinasan bisa berpeluang menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Ada beberapa sekolah kedinasan yang bisa kamu coba jika gagal SNBP seperti PKN STAN, STIN, IPDN, Poltek SSN, STIS, Poltekim, PTDI-STTDI dan sekolah kedinasan lainnya.

4. Berkuliah di Kampus Swasta


Gagal di SNBP, SNBT atau seleksi masuk sekolah kedinasan bukanlah ujung kegagalan masuk perguruan tinggi. Realitanya, masih ada kampus swasta yang bisa kamu coba.

Saat ini, banyak kampus swasta yang kualitasnya tak kalah dari kampus negeri. Selain itu, kamu tak perlu khawatir soal biaya kuliahnya yang mahal karena banyak kampus yang menyediakan beasiswa.

5. Gap Year


Jika masuk PTN adalah impian besar kamu sehingga tak berminat mendaftar selain PTN, maka gap year bisa jadi solusi. Gap year berarti memberikan jeda antara lulus sekolah dan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Biasanya banyak lulusan SMA/sederajat yang memilih gap year setelah dinyatakan gagal di SNPMB. Mereka akan mengikuti SNBT kembali di tahun berikutnya.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1515 seconds (0.1#10.140)