3 Dampak Negatif Jika Pramuka Dihapus dari Ekskul Wajib di Sekolah, Apa Saja?

Kamis, 04 April 2024 - 10:04 WIB
loading...
3 Dampak Negatif Jika Pramuka Dihapus dari Ekskul Wajib di Sekolah, Apa Saja?
Kementerian memastikan bahwa Pramuka tetap wajib disediakan oleh satuan pendidikan namun bersifat sukarela. Foto/BKHM.
A A A
JAKARTA - Baru-baru ini, ramai perbincangan mengenai narasi pramuka yang dihapus dari ekstrakurikuler wajib di sekolah. Kabar tersebut mendapat tanggapan beragam, baik dari sisi pro hingga kontranya.

Setelah ramai menjadi perbincangan, Kemendikbudristek buka suara. Mereka pun memberi penjelasan perihal ekstrakurikuler Pramuka yang kabarnya tak lagi diwajibkan.

Baca juga: Mendikbudristek: Saya Anak Pramuka, Ikut Kemah dan Jurit Malam di SD

Kementerian memastikan bahwa Pramuka tetap wajib disediakan oleh satuan pendidikan. Namun, keikutsertaan peserta didik atau siswa kini bersifat sukarela.

Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan (BSKAP) Anindito Aditomo, melalui siaran pers, Senin (1/4/2027), menyampaikan bahwa sejak awal Kemendikbudristek tidak memiliki gagasan untuk menghilangkan pramuka di sekolah.

Sebaliknya, Permendikbudristek Nomor 12 Tahun 2024 yang baru diluncurkan justru menguatkan peraturan perundangan dalam menempatkan pentingnya kegiatan ekstrakurikuler di satuan pendidikan.

Baca juga: Tegaskan Ekstrakurikuler Pramuka Tidak Dihapus, Nadiem: Mohon Tidak Lagi Dibahas

Lebih jauh, apa saja dampak negatif dari ketentuan pramuka dihapus dari ekskul wajib sekolah terjadi? Berikut ini beberapa di antaranya.

Dampak Negatif Pramuka Dihapus dari Ekskul Wajib Sekolah

1. Siswa Semakin Ogah Ikut Pramuka


Pada satu sisi, pramuka memang memiliki banyak manfaat bagi para siswa yang mengikutinya. Namun, tak bisa dimungkiri juga bahwa ada sebagian lain yang tidak menyukai kegiatan tersebut.

Tak jarang, dulunya banyak siswa yang ikut pramuka secara terpaksa karena diwajibkan oleh pihak sekolah. Dengan segala alasannya, mereka tidak pernah benar-benar berniat untuk mengikuti pramuka.

Terbaru, muncul peraturan baru yang menyebut bahwa kegiatan ekstrakurikuler seperti pramuka tidak lagi diwajibkan. Sejalan dengan hal tersebut, para siswa sepertinya akan lebih ogah lagi untuk ikut pramuka ke depannya, karena di satu sisi tidak suka serta tak wajib juga.

2. Siswa Kehilangan Salah Satu Sumber Belajarnya


Selain pembelajaran harian yang didapat melalui berbagai mata pelajaran, siswa dapat menambah cakupan ilmunya dengan mengikuti kegiatan lain seperti ekstrakurikuler. Misalnya, pramuka.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2277 seconds (0.1#10.140)