Pendaftaran PPG Prajabatan 2024 Dibuka, Jadi Guru Gratis!

Jum'at, 05 April 2024 - 10:36 WIB
loading...
Pendaftaran PPG Prajabatan 2024 Dibuka, Jadi Guru Gratis!
Pendaftaran PPG Prajabatan 2024 telah dibuka. Mahasiswa yang lolos seleksi akan mendapat beasiswa. Foto/Instagram @ppgkemendikbud.
A A A
JAKARTA - Pendaftaran Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan 2024 telah dibuka. Berikut informasi mengenai program pemenuhan kebutuhan guru dari Kemendikbudristek.

Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan program untuk mencetak guru-guru baru yang memiliki panggilan hati untuk menjadi pendidik profesional.

PPG Prajabatan adalah program pendidikan yang diselengarakan setelah program sarjana (S1) atau sarjana terapan (D4) bagi lulusan S1 dan D4, baik dari kependidikan maupun lulusan non kependidikan.

Baca juga: Lulusan Non Kependidikan Mau Jadi Guru, Bisakah? Ini Caranya

Bagi Anda generasi muda yang ingin menjadi guru dan memiliki kecintaan kepada anak dan dunia pendidikan, pendaftaran menjadi guru melalui PPG Prajabatan 2024 adalah solusinya.

Pendidikan Profesi Guru kali ini membuka pendaftaran untuk lebih banyak studi studi. Pendaftaran PPG Prajabatan tahun 2024 dibuka mulai 4 April hingga 15 Mei 2024.

Baca juga: Program PPG Prajabatan Membuka Wawasan dan Pengembangan Diri Guru

Bagi mahasiswa yang terpilih di program PPG Prajabatan 2024 akan mendapat beasiswa biaya pendidikan selama dua semester atau satu tahun. Namun peserta tetap akan membayar sendiri biaya pendaftaran sebesar Rp200.000.

Dikutip dari laman PPG Kemdikbud, berikut informasinya.

Persyaratan Calon Mahasiswa PPG Prajabatan 2024


1. WNI
2. tidak terdaftar sebagai Guru/Kepala Sekolah pada Data Pokok Pendidikan (Dapodik);
3. berusia paling tinggi 32 tahun pada 31 Desember tahun pendaftaran;
4. memiliki kualifikasi akademik sarjana (S-1) atau diploma empat (D-IV) yang terdaftar pada Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PD-Dikti) atau terdata pada basis unit data unit Penyetaraan Ijazah Luar Negeri bagi lulusan perguruan tinggi di luar negeri;
5. indeks prestasi kumulatif (IPK) paling rendah 3,00 ;
6. memiliki surat keterangan sehat jasmani dan rohani (diserahkan pada saat lapor diri);
7. memiliki surat keterangan berkelakuan baik (diserahkan pada saat lapor diri);
8. memiliki surat keterangan bebas narkotika, psikotropika, dan zat adiktif lainnya (NAPZA) (diserahkan pada saat lapor diri);
9. menandatangani pakta integritas;
10. mengikuti seluruh tahapan seleksi

Tatacara Pendaftaran dan Seleksi PPG Prajabatan 2024

1. Pendaftar wajib memiliki alamat pos elektronik (email) yang aktif dan nomor seluler (handphone) aktif yang terkoneksi pada aplikasi whatsapp.
2. Pendaftar mengakses laman https://ppg.kemdikbud.go.id, lalu memilih menu “Daftar PPG Prajabatan”, kemudian pilih “Daftar sebagai Peserta”.
3. Pendaftar membuat akun pendaftaran aplikasi SIMPKB menggunakan email yang aktif. Kemudian pendaftar akan menerima email yang berisi tautan konfirmasi pendaftaran. Klik tautan untuk melanjutkan proses pendaftaran.
4. Pendaftar memasukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nama, Jenis Kelamin dan Tanggal Lahir. Pada tahap ini, NIK, Nama, Jenis Kelamin dan Tanggal Lahir akan diverifikasi secara otomatis. Akun berhasil terbentuk jika data calon mahasiswa dinyatakan valid dan memenuhi pada poin bagian A, angka 1 s.d. 3.
5. Pendaftaran lanjutan dengan cara login pada aplikasi SIMPKB dengan menggunakan username dan password yang telah dibuat di awal pendaftaran. Calon mahasiswa melengkapi isian:
a. Biodata diri;
b. Data kemahasiswaan;
c. Bidang studi PPG;
d. Preferensi provinsi lokasi pengabdian;
e. Data pendukung lainnya, seperti pengalaman mengikuti pelatihan, berorganisasi, menjadi sukarelawan, melatih/mengembangkan orang lain dan hobi;
f. Esai;
g. Mengunggah dokumen antara lain:
1) Foto terbaru berpakaian formal (kemeja putih, berdasi hitam, rambut rapi, bagi yang berhijab menggunakan jilbab warna hitam) dan berlatar belakang warna biru. Ukuran file maksimal 1Mb.
2) Pakta integritas yang telah ditandatangani di atas materai Rp 10.000,00
3) Bagi calon mahasiswa lulusan Luar Negeri mengunggah SK Penyetaraan Ijazah Luar Negeri dan transkrip asli dari Perguruan Tinggi asal.
6. Verifikasi data kemahasiswaan dan linieritas Program Studi S-1/D-IV dengan bidang studi PPG yang dipilih dilakukan secara sistem, dan jika dinyatakan valid/linier maka pendaftar dapat melanjutkan ke proses pembayaran biaya pendaftaran seleksi. Jika tidak valid/linier, maka proses pendaftaran tidak dapat dilanjutkan.
7. Pendaftar melakukan pembayaran biaya pendaftaran seleksi untuk mengikuti tes substantif (tes tahap II) setelah semua data administrasi dinyatakan memenuhi syarat. Pada langkah ini, pendaftar akan diminta untuk memilih lokasi tes substantif (lokasi
TUK) sesuai dengan lokasi yang masih tersedia.
Setelah memilih lokasi tes, segera lakukan pengajuan kode bayar untuk mengunci sementara slot lokasi tes. Mekanisme pembayaran dilakukan sesuai petunjuk yang tertera pada aplikasi SIMPKB. Pembayaran
yang terverifikasi berhasil akan mengunci penuh slot lokasi tes subtantif.
8. Pendaftar mencetak kartu tes substantif melalui aplikasi SIM PKB pada masa cetak kartu tes dengan ketentuan wajib menyelesaikan seluruh esai. Pada kartu tes, akan tertera jadwal dan titik lokasi tes untuk mengikuti tes substantif secara luring.
9. Peserta seleksi mengikuti tes substantif;
10. Pengumuman hasil tes substantif dapat dilihat pada aplikasi SIMPKB menggunakan akun pendaftaran masing-masing;
11. Peserta seleksi yang dinyatakan lulus tes substantif akan memperoleh informasi jadwal tes wawancara pada aplikasi SIMPKB menggunakan akun pendaftaran masing-masing;
12. Peserta seleksi mengikuti tes wawancara secara daring menggunakan ruang pertemuan virtual yang disediakan;
13. Pengumuman hasil tes wawancara dapat dilihat pada aplikasi SIMPKB menggunakan akun pendaftaran masing-masing;
14. Peserta seleksi yang dinyatakan lolos tes wawancara, akan diproses untuk penempatan ke Perguruan Tinggi sesuai dengan bidang studi PPG yang dipilih;
15. Calon mahasiswa mengonfirmasi kesediaan mengikuti PPG Prajabatan di Perguruan Tinggi yang ditentukan pada aplikasi SIMPKB sesuai dengan jadwal masa konfirmasi;
16. Direktorat Jenderal GTK akan menetapkan mahasiswa PPG Prajabatan Tahun 2024 sesuai kuota nasional yang dibuka.

Masa, Lokasi, dan Biaya Pendidikan PPG Prajabatan 2024


Perkuliahan PPG Prajabatan dilaksanakan selama 2 semester di LPTK Penyelenggara PPG sesuai provinsi yang dipilih calon mahasiswa sebagai preferensi lokasi pengabdian.

Biaya pendidikan untuk setiap semester sebesar Rp8.500.000,00. Calon mahasiswa yang dinyatakan lulus seleksi dan ditetapkan sebagai mahasiswa PPG Prajabatan 2024 akan memperoleh beasiswa dalam bentuk biaya pendidikan
sebesar Rp17.000.000,00 untuk mengikuti perkuliahan selama 2 semester atau 1 tahun.

Jadwal Seleksi


1. Pendaftaran seleksi: 4 April-15 Mei 2024
2. Pengumuman Kelulusan Seleksi Administrasi: 27 Mei 2024
3. Cetak kartu peserta: 27 Mei-7 Juni 2024
4. Pelaksanaan Tes Substantif: 3-7 Juni 2024
5. Pengumuman Kelulusan Tes Substantif: 20 Juni 2024
6. Pengumuman jadwal wawancara: 24 Juni 2024
7. Pelaksanaan Tes Wawancara: 1-31 Juli 2024
8. Pengumuman Kelulusan Seleksi: 14 Agustus 2024
9. Konfirmasi Kesediaan mengikuti PPG Prajabatan 2024: 15-18 Agustus 2024
10. Penetapan Mahasiswa PPG Prajabatan 2024: 23 Agustus 2024
11. Lapor diri Mahasiswa PPG Prajabatan di LPTK: 26-31 Agustus 2024
12. Orientasi Mahasiswa: 2-6 September 2024
13. Awal Perkuliahan PPG Prajabatan 2024: 9 September 202

Bidang studi PPG Prajabatan 2024 ada sebanyak 37 pilihan. Mulai dari bahasa Arab, Biologi, IPA, IPS, Agribisnis Perikanan, Agribisnis Ternak, Busana, hingga Sejarah.

Panduan pendaftaran PPG Prajabatan 2024 bisa diakses di link ppg.kemdikbud.go.id/prajabatan. Semoga informasi ini bermanfaat untukmu para calon guru.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1409 seconds (0.1#10.140)