Apa Nama Gelar untuk Pramugari setelah Lulus Pendidikan?

Minggu, 14 April 2024 - 12:00 WIB
loading...
Apa Nama Gelar untuk Pramugari setelah Lulus Pendidikan?
Apa nama gelar untuk pramugari setelah lulus pendidikan? Foto/Dok SINDOphoto/Isra Triansyah.
A A A
JAKARTA - Banyak orang belum familiar apa nama gelar untuk pramugari setelah lulus pendidikan. Berikut ini infonya bagi Anda yang berminat bekerja sebagai awak kabin pesawat udara.

Profesi pramugari sering kali dipandang sebagai salah satu pekerjaan yang menarik dan bergengsi. Namun, di balik kemewahan dan keanggunannya, menjadi seorang pramugari membutuhkan pelatihan yang intensif dan pendidikan yang solid.

Sebagai awak kabin, pramugari bertanggung jawab atas keselamatan dan kenyamanan penumpang selama penerbangan. Oleh karena itu, mereka harus selalu siap dalam menghadapi situasi darurat dan menguasai prosedur evakuasi serta pertolongan pertama. Selain itu, pramugari juga harus memiliki keterampilan dalam mengatasi konflik dan menjaga sikap profesional dalam situasi apapun.

Baca juga: Gelar PhD dan Doktoral Apakah Sama? Berikut Penjelasannya

Selain tugas-tugas keselamatan, pramugari juga bertanggung jawab dalam memberikan pelayanan terbaik kepada penumpang. Mereka harus ramah, sopan, dan mampu menjawab pertanyaan serta memenuhi kebutuhan penumpang dengan baik.

Kemampuan untuk bekerja dalam tim juga sangat penting, karena pramugari sering kali bekerja dalam lingkungan yang dinamis dan multitasking.

Profesi pramugari menawarkan beragam peluang karier dan pengembangan profesional. Banyak pramugari memulai karier mereka dengan melayani di kelas ekonomi, namun dengan pengalaman dan keterampilan yang terus berkembang, mereka dapat naik ke kelas bisnis atau bahkan kelas pertama.

Beberapa pramugari juga memilih untuk mengejar karier di bidang manajemen penerbangan atau pelatihan awak kabin setelah beberapa tahun bekerja di lapangan.

Gelar Pendidikan Pramugari


Dikutip dari Instagram Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan (STTKD), gelar pendidikan untuk pramugari adalah A.P.Tra., atau singkatan dari Ahli Pratama Transportasi.

Di STTKD Yogyakarta, program studi untuk flight attendant adalah Diploma 1 (D1) dengan total 48 SKS. Kurikulum program studi ini terdiri dari dua semester yang membekali siswa dengan materi-materi seperti Aircraft Type, In Flight Announcement, Aviation Knowledge dan English for Aviation.

Baca juga: Apa Perbedaan Gelar Doktor dan PhD? Berikut Penjelasannya

Demikian informasi mengenai gelar untuk pramugari setelah lulus pendidikan itu apa. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2064 seconds (0.1#10.140)