Program Pertukaran Pelajar Jadi Langkah Penting Perluas Wawasan Global Siswa

Minggu, 05 Mei 2024 - 20:06 WIB
loading...
Program Pertukaran Pelajar Jadi Langkah Penting Perluas Wawasan Global Siswa
Sinarmas World Academy (SWA) menginisasi kerja sama pertukaran pelajar dengan Peking University Elementary School (PKU ES). Foto/SWA.
A A A
JAKARTA - Program pertukaran pelajar memiliki banyak manfaat bagi siswa. Bukan hanya menjadi ajang pemahaman budaya namun juga memperluas wawasan global siswa.

Sinarmas World Academy (SWA) pun menganggap penting program pertukaran pelajar ini dengan menginisasi kerja sama dengan Peking University Elementary School (PKU ES).

Kemitraan yang telah terjalin sejak 2011 ini terus berkembang dan meluncurkan Program Pertukaran Pelajar pada 2013 lalu hingga kini yang mengagendakan siswa-siswi dari SWA dan PKU ES untuk saling mengunjungi serta mengikuti program secara intensif.

Baca juga: Kemenpora Buka Program Pertukaran Pelajar Dalam dan Luar Negeri 2024, Ini Persyaratannya

Puluhan siswa-siswi sekolah dasar PKU ES didampingi Chairwoman dan beberapa guru mengunjungi SWA dan terlibat dalam berbagai aktivitas sosial, pendidikan, bahkan lingkungan.

Sejalan dengan prinsip Pendidikan Holistik yang dianut SWA, Program Pertukaran Pelajar ini bertujuan membangun rasa hormat dan mengembangkan pemahaman budaya antar negara serta meningkatkan pembelajaran yang kolaboratif.

The Chairman of the Board SWA Anton Mailoa menyatakan, pihaknya sangat bangga dapat menjalin Kemitraan Pendidikan dengan Peking University (PKU), salah satu institusi pendidikan terbaik.

Menurutnya, di era global saat ini, pendidikan harus berani terus berinovasi, bertransformasi, serta berkolaborasi untuk menyiapkan generasi muda yang mampu membuat perubahan yang lebih baik di dunia.

"Perkembangan pendidikan di Indonesia dan China sangat mengesankan, karena itu kemitraan SWA dan PKU menjadi salah satu faktor penting bagi kedua institusi untuk bertukar best practices yang sejalan dengan visi bersama untuk mempersiapkan generasi muda yang unggul," ujarnya, melalui siaran pers, Minggu (5/5/2024).

“Mengunjungi SWA memberikan pengalaman yang tak ternilai bagi kami dan siswa-siswi kami. Kami sangat yakin dan terkesan dengan kualitas pendidikan internasional di SWA yang mendorong murid untuk berpikir kritis dan kreatif, berkolaborasi, serta menunjukkan tindakan nyata bagi komunitas. Kami berkomitmen untuk Kemitraan Pendidikan bersama SWA yang semakin kuat pada waktu mendatang,” tanggap Wang Tian Miao, Chairwoman of Peking University Elementary School (PKU ES).

Program Pertukaran Pelajar PKU ES ke SWA diisi dengan ragam aktivitas seperti kelas sains interaktif, melukis batik tradisional Indonesia, study trip ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII), pameran seni dan kaligrafi bersama, serta kunjungan industri ke Indah Kiat Paper Mills yang memproduksi pulp, kertas, dan tisu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4190 seconds (0.1#10.140)