Kukuhkan Tujuh Profesor Baru, UIN Jakarta Jadi PTKIN dengan Guru Besar Terbanyak

Kamis, 09 Mei 2024 - 11:03 WIB
loading...
Kukuhkan Tujuh Profesor Baru, UIN Jakarta Jadi PTKIN dengan Guru Besar Terbanyak
Sebanyak tujuh guru besar baru dikukuhkan dalam Sidang Senat Terbuka UIN Jakarta pada Rabu (8/5/2024). Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Guru Besar UIN Syarif Hidayatullah Jakarta atau UIN Jakarta bertambah. Sebanyak tujuh guru besar baru dikukuhkan dalam Sidang Senat Terbuka UIN Jakarta, Rabu (8/5/2024). Dengan tambahan 7 profesor ini menjadikan UIN Jakarta sebagai Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKIN) di Indonesia dengan jumlah Guru Besar terbanyak.

Guru besar yang baru dikukuhkan adalah Prof Abd Rahman Dahlan (Ilmu Ushul Fikih), Prof Hasanuddin (Ilmu Fikih Muamalah), Prof Yayan Sopyan (Ilmu Hukum Keluarga Islam), Prof Mesraini (Ilmu Fikih Munakahat), Prof Wardah Nuroniyah (Ilmu Hukum Keluarga Islam), Prof Asmawi (Ilmu Ushul Fikih), dan Prof Alimin (Ilmu Tafsir). Ketujuh guru besar baru ini merupakan pengajar di Fakultas Syariah dan Hukum.

Prosesi pengukuhan juga diisi penayangan pidato Wakil Presiden RI KH Ma'ruf Amin, dan ucapan selamat dari berbagai kolega para guru besar yang dikukuhkan.

Jumlah guru besar di UIN Jakarta saat ini berjumlah 138 orang. Rektor Prof. Asep Saepudin Jahar M.A. Ph.D berharap para guru besar baru yang dikukuhkan turut menjadi bagian penting pengembangan akademik UIN Jakarta.

Menurut Asep, dengan pengukuhan ketujuh guru besar baru ini UIN Jakarta menjadi PTKIN dengan jumlah guru besar terbanyak, yakni mencapai 138 orang. Penambahan jumlah guru besar ini menjadi bagian penting dalam pengembangan akademik perguruan tinggi.



Lebih lanjut, Rektor Asep mengingatkan bahwa guru besar adalah mentor yang bertanggung jawab dalam mengajar dan membimbing mahasiswa. Ia menegaskan pentingnya keterlibatan guru besar dalam kehidupan akademik perguruan tinggi dan tidak boleh menjauh dari mahasiswa.

Dengan demikian, pengukuhan guru besar baru ini tidak hanya menandai pencapaian akademik, tetapi juga menegaskan komitmen UIN Jakarta dalam memberikan pendidikan berkualitas dan pelayanan yang baik kepada mahasiswa.

Rektor Asep mengapresiasi perjuangan para guru besar atas pencapaian akademik di bidang ilmunya masing-masing. Namun, di balik itu, ada tanggung jawab yang besar yang harus diemban oleh mereka.

"Guru besar adalah guru sejati, berarti mengajarkan dan menjadi pembimbing. Bukan berarti setelah menjadi guru besar malah menjauh dari mahasiswanya atau bahkan susah dihubungi oleh mahasiswa. Ini adalah ironi yang tidak mungkin dan tidak boleh terjadi di dalam perguruan tinggi,” ungkapnya seperti dikutip dari laman resmi UIN Jakarta
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1033 seconds (0.1#10.140)