Di Tengah Pandemi, Orang Tua Harus Tahu Sindrom Anak Tengah

Rabu, 19 Agustus 2020 - 20:11 WIB
loading...
Di Tengah Pandemi, Orang Tua Harus Tahu Sindrom Anak Tengah
Para orang tua harus lebih bijak dalam mendidik anak, terutama bagi orang tua yang memiliki lebih dari dua anak. Foto/ist
A A A
SURABAYA - Di tengah pandemi COVID-19 ini, para orang tua harus lebih bijak dalam mendidik anaknya . Terutama bagi orang tua yang memiliki lebih dari dua anak, masalah psikologis yang dapat menyerang salah satu anak mereka adalah middle child syndrome atau sindrom anak tengah.

Anak tengah yang mengalami sindrom biasanya sensitif terhadap perlakuan orang tua terhadap dia atau saudaranya. Kemudian, anak tengah cenderung memberikan reaksi tipikal seperti memberontak, menarik diri, marah, dan sering melayangkan protes. Anak juga akan berusaha menarik perhatian orang tua. (Baca juga: Mayoritas Sekolah Belum Siap Tatap Muka, Ini Rekomendasi KPAI )

Psikolog Universitas Airlangga (Unair) Rudi Cahyono, M.Psi menuturkan, perhatian orang tua adalah kunci untuk mencegah terjadi middle child syndrome pada anak tengah. Untuk mencegah hal tersebut, orang tua harus segera menyadari bahwa kehadiran anak ketiga mulai menarik perhatian kakak-kakaknya, sedangkan perhatian ibu mulai tercuri.

“Orang tua harus mengembalikan perhatian tersebut hingga sama rata,” kata Rudi, Rabu (19/8/2020).

Dosen Fakultas Psikologi Uniar itu menambahkan, anak tengah harus dibuat merasa orang tua memperhatikan semua anaknya. Anak tengah harus dapat merasa disayang sebagaimana orang tua menyayangi saudara yang lain. Dia juga bisa kena marah sebagaimana saudara yang lain juga dimarahi. (Baca juga: Guru Terpapar, Sekolah Tatap Muka di Surabaya Masih Diragukan )

"Orang tua dapat melakukan kegiatan bersama untuk menetralisir perasaan terabaikan dari anak tengah. Ayah, ibu, kakak, dan adik semua beraktivitas bersama," ucapnya.

Ia melanjutkan, orang tua juga dapat memberikan penugasan untuk beraktivitas bersama dan berbagi tanggung jawab yang bisa berdampak timbal balik. Seperti, kakak bertugas membantu adik belajar. Kakak bisa membantu anak kedua atau anak tengah. Anak tengah diberikan tugas membantu adik kecilnya.

“Tetapi jangan lupa diapresiasi atau dimunculkan kesan bahwa pemberian tugas tersebut adalah karena kemampuan anak atau kepercayaan dari orang tua,” ungkapnya.

Namun, apabila reaksi anak tengah sudah mengarah pada konflik keluarga seperti konflik anak tengah dengan orang tua atau konflik anak tengah dengan saudaranya maka orang tua harus mengawali melakukan tindakan yang elegan. Orang tua bisa mengajak anak berbicara dengan suasana yang egaliter atau sederajat, dengan mengurangi tendensi untuk membahas persoalan tersebut.

Orang tua membangun suasana yang alamiah untuk mengobrol. Hal tersebut bertujuan untuk memberikan ruang bagi anak untuk mengungkapkan apa yang dipikirannya atau dirasakannya.

“Dari situ orangtua bisa melakukan follow up dengan langkah pertama yang sangat ampuh adalah meminta maaf,” jelasnya.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1419 seconds (0.1#10.140)