6 Negara Paling Pintar di Dunia Berdasarkan Skor PISA, Tetangga Indonesia Ini Juaranya

Senin, 03 Juni 2024 - 09:00 WIB
loading...
6 Negara Paling Pintar...
Singapura menjadi negara paling pintar di dunia berdasarkan skor PISA (Programme for International Student Assessment) tahun 2022. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ada sejumlah negara paling pintar di dunia berdasarkan skor PISA ( Programme for International Student Assessment) tahun 2022. Perangkingan ini didapat dari hasil PISA 2022 dengan overall skor tiap negaranya. Negara mana saja yang masuk dalam daftar negara paling pintar di dunia?

Dilansir dari akun Instagram kursus Bahasa Inggris @kobieducation, artikel kali ini akan memaparkan 6 negara paling pintar di dunia berdasarkan skor PISA 2022, simak ya!

6 Negara Paling Pintar di Dunia Berdasarkan Skor PISA 2022

1. Singapura


Negara tetangga Indonesia ini berada di peringkat 1 negara paling pintar di dunia dengan skor PISA 2023 sebesar 559,7. Ada beberapa faktor yang memengaruhi Singapura hingga masuk dalam peringkat 1 negara paling pintar di dunia. Singapura konsisten membentuk sistem pengajaran yang ketat dalam tuntutan kognitif dan fokus.

2. Jepang


Masih di benua Asia, Jepang berada di peringkat kedua negara paling pintar di dunia. Jepang memperoleh skor PISA 2022 sebesar 533,0. Jepang dikenal dengan sistem pendidikan terbaik karena memiliki infrastruktur dan tenaga kerja di bidang pendidikan yang terampil

3. Korea Selatan


Negara paling pintar di dunia ketiga juga masih di benua Asia. Yakni Korea Selatan. Skor PISA 2022 Korea Selatan sebesar 523,3. Siswa SMA di Korea Selatan yang mau melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi dikenal sangat berambisi. Mereka bisa berada di sekolah selama 9 jam dan dilanjutkan dengan kelas tambahan. Sehingga jika ditotal, pelajar disana bisa menghabiskan Waktu hingga 14 jam sehari untuk belajar

4. Hong Kong


Hong Kong juga masuk dalam negara paling pintar di dunia berdasarkan skor PISA 2022. Skor PISA 2022 Hong Kong sebesar 520,0. Sistem pendidikan Hong Kong tidak terlepas dari keahlian praktikal, kemampuan interpersonal, isu sosial budaya dan penerapan pengetahuan pada praktik kerja nyata yang diutamakan di sekolah.

5. Kanada


Negara paling pintar selanjutnya adalah Kanada. Kanada tidak hanya fokus pada peningkatan akademik. Skor PISA 2022 Kanada sebesar 506,3. Sistem pendidikan di Kanada juga pada pengembangan keterampilan sosial, kreativitas dan pemikiran kritis.

6. Irlandia


Negara paling pintar di dunia berikutnya adalah Irlandia. Skor PISA 2022 Irlandia sebesar 504,0. Irlandia berhasil mengurangi kesenjangan sosial-ekonomi di bidang pendidikan yang berdampak positif pada akses yang adil terhadap pendidikan bagi semua warga negaranya.


Apa Itu PISA?


PISA atau Programme for International Student Assessment yang di bawah naungan Organization for Economic Co-operation and Development (OECD) adalah studi untuk mengevaluasi sistem pendidikan yang diikuti oleh lebih dari 70 negara di seluruh dunia, sebagaimana dilansir dari BSKAP Kemdikbud.

Dilansir dari situs NCES, PISA merupakan bentuk penilaian internasional yang mengukur tiga aspek yaitu literasi membaca, matematika, dan sains. Penilaian ini dilakukan untuk siswa berusia 15 tahun yang diadakan setiap 3 tahun sekali. PISA pertama kali diselenggarakan pada tahun 2000 dengan diikuti 90 negara dan sekitar 3.000.000 siswa seluruh dunia.

Tujuan PISA


Dikutip dari artikel PISA untuk Siswa Indonesia karya Anni Malihatul dkk, tujuan umum PISA adalah untuk menilai sejauh mana siswa di negara OECD dan negara mitra telah memperoleh kemahiran yang tepat dalam aspek membaca, matematika, dan ilmu pengetahuan. Kemampuan tersebut dapat digunakan sebagai kontribusi terhadap masyarakat.

PISA bertujuan untuk mengukur persiapan siswa untuk kehidupan, kompetensi pokok, tantangan kehidupan nyata, hal ini kontras dengan tujuan yang dilakukan oleh penilaian lain. Dalam hal ini PISA digunakan untuk membandingkan kemampuan dan prestasi anak-anak sekolah.
(wyn)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2744 seconds (0.1#10.140)