Begini Cara Cek Nama Mahasiswa Penerima KIP Kuliah, Pastikan Keaslian Identitas

Rabu, 12 Juni 2024 - 13:47 WIB
loading...
Begini Cara Cek Nama Mahasiswa Penerima KIP Kuliah, Pastikan Keaslian Identitas
Sejak sebulan lalu, di laman https:/kip-kuliah.kemdikbud.go.id/ telah tersedia fitur yang bisa cek mengecek nama mahasiswa penerima manfaat KIP Kuliah. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Kamu penerima KIP Kuliah 2024 saat ini tak perlu bingung untuk memastikan namanya masuk sebagai salah satu penerima. Sejak sebulan lalu, di laman https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/ telah tersedia fitur yang bisa cek mengecek nama mahasiswa penerima manfaat KIP Kuliah.Untuk info lengkapnya, artikel kali ini akan membahasnya,simak ya!

Cara Cek Mahasiswa Penerima KIP Kuliah


Pertama, buka laman https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/. Bila buka di laptop atau PC, di halaman utama bagian atas ada sub kanal "Cek Penerima". Sementara jika buka di perangkat mobile android atau di iOS, maka di pojok kanan atas ada 3 icon baris, Klik icon3 baris tersebut.

Kemudian tinggal Klik sub kanal "Cek Penerima" maka akan muncul tampilan "Pencarian Penerima KIP Kuliah". Pencarian data mahasiswa penerima KIP Kuliah dilakukan berdasarkan Nomor Induk Kependudukan (NIK), maka ketik NIK mahasiswa yang hendak dicari dengan benar dan klik "Cari".



Apabila NIK benar dan mahasiswanya memang penerima manfaat KIP Kuliah, maka selanjutkan akan muncul tampilan beberapa informasi. Seperti nama perguruan tinggi, program studi, NIM, tahun penetapan dan status.

Tapi jika NIK yang dimasukan tidak terdaftar sebagai penerima manfaat KIP Kuliah atau salah mengetikkan NIK, maka akan muncul tampilan "NIK bukan penerima KIP Kuliah".

Pencarian penerima KIP Kuliah melalui fitur tersebut bisa dilakukan untuk mahasiswa penerima manfaat KIP Kuliah mulai tahun 2020 sampai dengan 2023.

Bantuan Hidup KIP Kuliah


Bagi mahasiswa penerima manfaat KIP Kuliah tahun 2024, tentunya baru bisa mengetahui sejak ditetapkan sebagai mahasiswa penerima manfaat KIP Kuliah yang akan diumumkan mulai 1 Juli 2024.

Mahasiswa yang sudah ditetapkan sebagai penerima manfaat KIP Kuliah memperoleh bantuan biaya pendidikan yang dibayarkan langsung ke rekening perguruan tinggi dan bantuan biaya hidup yang langsung disalurkan ke rekening mahasiswa.

Besaran biaya hidup ini dibagi menjadi lima klaster sesuai lokasi perguruan tinggi tempat studi mahasiswa,dengan besaran per bulan:

Klaster 1: Rp800.000

Klaster 2: Rp950.000
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1644 seconds (0.1#10.140)
pixels