5 Jurusan Teknik yang Lulusannya Banyak Dibutuhkan Industri Telekomunikasi

Jum'at, 21 Juni 2024 - 11:40 WIB
loading...
5 Jurusan Teknik yang...
Ada sejumlah jurusan teknik yang lulusannya banyak dibutuhkan industri telekomunikasi. Foto/DXC.
A A A
JAKARTA - Ada sejumlah jurusan teknik yang lulusannya banyak dibutuhkan industri telekomunikasi . Melalui posisi yang beragam, tawaran gajinya pun terbilang menggiurkan.

Pada perkembangannya, jurusan teknik memiliki banyak peminat di berbagai kampus Tanah Air. Alasannya beragam, mulai dari prospek kerja yang variatif hingga kisaran gaji menjanjikan.

Baca juga: 7 Jurusan Teknik Paling Dicari di Dunia Kerja, Belum Lulus Sudah Dibooking?

Melihat sekian banyak prospeknya, lulusan teknik juga bisa bekerja di industri telekomunikasi. Sebagaimana diketahui, di Indonesia ada beberapa nama perusahaan telekomunikasi kenamaan seperti Telkom, Indosat, XL Axiata, dan lain sebagainya.

Baca juga: 4 Jurusan Teknik yang Banyak Dibutuhkan Industri Migas, Gaji dan Karier Terjamin!

Lantas, apa saja jurusan teknik yang lulusannya bisa bekerja di industri telekomunikasi? Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini di antaranya.

Jurusan Teknik yang Dibutuhkan Industri Telekomunikasi

1. Teknik Telekomunikasi


Jurusan Teknik Telekomunikasi mungkin terdengar lebih asing jika dibandingkan nama populer seperti Teknik Informatika atau Teknik Komputer. Kendati begitu, prospek kerjanya juga tak kalah menarik bagi para lulusannya.

Baca juga: 10 Jurusan Teknik dengan Prospek Karier Cerah Alumninya di Masa Depan, Ada Prodimu?

Sejalan dengan lini bisnisnya, perusahaan-perusahaan yang bergerak di industri telekomunikasi juga membutuhkan para lulusan dari jurusan seperti Teknik Telekomunikasi. Apabila berminat, Anda bisa masuk ke salah satu perguruan tinggi yang membuka jurusan ini seperti Telkom University hingga Institut Teknologi Bandung (ITB).

2. Teknik Informatika


Berikutnya ada Teknik Informatika. Jurusan ini menjadi salah satu yang paling populer di ranah teknik.

Kebutuhan akan lulusan Teknik Informatika juga meningkat seiring waktu. Berbagai perusahaan telekomunikasi yang bidang operasinya relevan juga banyak mencarinya.

Baca juga: Perkenalkan Prodi Teknik Perkapalan! Ini Pilihan Kampus dan Prospek Kerja Lulusannya

Saat ini, ada banyak perguruan tinggi di Tanah Air yang membuka jurusan Teknik Informatika. Di antaranya seperti Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Indonesia (UI), Telkom University, dan lainnya.

3. Teknik Elektro


Jurusan Teknik Elektro mungkin lebih identik dengan bidang kelistrikan. Namun, para lulusannya juga bisa masuk perusahaan telekomunikasi sebagai teknisi.

Pada ranah teknik, jurusan ini menjadi salah satu yang populer. Sejumlah perguruan tinggi yang membukanya seperti Universitas Gadjah Mada (UGM), Institut Teknologi Bandung (ITB), dan lainnya.

4. Teknik Industri


Tak kalah populer dengan jurusan teknik lain, Teknik Industri juga memiliki prospek kerja yang cemerlang. Misalnya, seperti profesi Industrial Engineer, Project Manager, Product Analyst, Cost Control Engineer, Data Scientist, Product Manager, dan lain sebagainya.

Saat ini, jurusan Teknik Industri bisa ditemui pada berbagai perguruan tinggi Indonesia. Sebut saja seperti Universitas Gadjah Mada (UGM), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Indonesia (UI), dan lainnya.

5. Teknik Komputer


Kemudian, ada pula Teknik Komputer. Perusahaan telekomunikasi bisa menjadi tujuan lulusan jurusan ini ketika nantinya mendaftar kerja.

Tak harus menjadi programmer, ada pilihan lain yang bisa dicoba. Misalnya, profesi IT Security, Network Engineer, Software Engineer, dan masih banyak lainnya.

Itulah deretan jurusan teknik yang lulusannya banyak dibutuhkan industri telekomunikasi.
(nnz)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1650 seconds (0.1#10.140)