Bisa Apa Lulusan Teknik Energi Terbarukan? Ini 10 Prospek Kerja Menantang Alumninya

Jum'at, 21 Juni 2024 - 13:21 WIB
loading...
Bisa Apa Lulusan Teknik Energi Terbarukan? Ini 10 Prospek Kerja Menantang Alumninya
Jurusan Teknik Energi Terbarukan merupakan ilmu yang mempelajari tentang energi berasal dari sumber daya alam (SDA) dan energi yang dapat diperbaharui secara berkelanjutan. Foto ilustrasi/Ist
A A A
JAKARTA - Ini 10 prospek kerja menantang jurusan Teknik Energi Terbarukan yang perlu diketahui. Pernah dengar jurusan Teknik Energi Terbarukan? Jurusan kuliah Teknik Energi Terbarukan merupakan ilmu yang mempelajari tentang energi berasal dari sumber daya alam (SDA) dan energi yang dapat diperbaharui secara berkelanjutan.

Energi terbarukan bisa berasal dari air, angin, panas bumi, matahari, dan biomassa yang bisa diandalkan untuk masa depan manusia. Lulusan jurusan ini bisa bekerja di mana? Artikel kali ini akan membahasnya, simak ya!

10 Prospek Kerja Jurusan Teknik Energi Terbarukan


1. Insinyur energi


Profesi pertama untuk lulusan teknik energi terbarukan adalah menjadi insinyur di berbagai perusahaan swasta terbesar. Insinyur energi bertanggung jawab mulai dari menghitung kebutuhan industri, pengoperasian, menyusun jadwal, melakukan pengawasan, dan masih banyak lagi.

2. Staf kementerian


Pilihan lainnya yaitu bisa menjadi staf kementerian terutama Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral atau ESDM. Tanggung jawab dari staf Kementerian ESDM yaitu melakukan pengawasan energi yang sudah ada sekarang sekaligus mengembangkan energi terbarukan untuk bisa dimanfaatkan masyarakat luas.

3. Pimpinan proyek


Di Indonesia tentunya ada banyak proyek-proyek yang sedang dikerjakan di bidang energi. Sebagai lulusan di bidang energi tentunya berpeluang besar menjadi pimpinan proyek. Tugas dari pimpinan proyek adalah mengatur pekerjaan dan memastikan proyek berjalan lancar sesuai jadwal yang ditentukan.

4. Konsultan energi


Profesi berikutnya yang bisa dipilih lulusan teknik energi terbarukan yaitu menjadi konsultan energi. Tugasnya adalah membuat desain dan juga perencanaan sesuai dengan lingkup kerja yang diperlukan agar proyek bisa berjalan lancar.


5. Kontraktor


Selanjutnya bisa menjadi kontraktor di berbagai perusahaan kontraktor ternama di Indonesia yang berkaitan dengan energi. Tugas utama dari seorang kontraktor adalah bertanggung jawab mengenai sarana dan juga metode untuk menjalankan proyek konstruksi yang sukses mulai dari pengadaan barang atau material sampai tenaga kerja.

6. Peneliti energi listrik


Kemudian mahasiswa yang sudah lulus juga bisa menjadi peneliti energi listrik yang bertanggung jawab untuk melakukan penelitian dan juga mengembangkan ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan energi listrik.

7. Ahli rekayasa energi


Berikutnya adalah menjadi ahli rekayasa energi yang tugasnya adalah merancang, mengembangkan, serta mengevaluasi semua proyek yang berkaitan dengan energi yang bertujuan untuk menghemat biaya energi dan mampu meningkatkan efisiensi energi.

8. Manajer energi


Di era seperti sekarang ini dibutuhkan lulusan teknik energi terbarukan untuk mengisi jabatan manajer energi. Tugas utamanya adalah melakukan analisis, membuat perencanaan, dan menjalankan strategi dalam mengoptimalkan penggunaan energi serta mencapai efisiensi.

9. Auditor energi


Jabatan auditor energi juga bisa menjadi pilihan tepat untuk sarjana teknik energi terbarukan. Seorang auditor energi berperan dalam melakukan upaya peningkatan efisiensi melalui proses evaluasi dan juga identifikasi peluang dalam menghemat energi.

10. Pengusaha energi terbarukan


Para lulusan teknik energi terbarukan juga berpeluang menjadi seorang pengusaha energi terbarukan. Dengan semakin banyak pelaku industri di bidang energi terbarukan maka akan semakin cepat mencapai ekonomi hijau di Indonesia. Selain itu, banyaknya para pelaku bisnis energi terbarukan tentu akan bisa menciptakan lapangan kerja untuk masyarakat luas.

Kenapa Jurusan Energi Terbarukan Penting?


• Sudah tidak menjadi rahasia lagi jika energi yang bersumber dari sumber daya alam yang tidak bisa diperbaharui saat ini sudah mulai menipis persediannya dan tidak lagi ramah lingkungan.

• Jurusan Teknik Energi Terbarukan ini akan memberikan pengetahuan untuk kamu yang tertarik untuk mengembangkan teknologi untuk dunia agar lebih hijau di masa depan.

• Selain itu, jika kamu mempunyai ketertarikan pada bidang kimia, biologi, dan juga fisika, maka Jurusan Teknik Energi Terbarukan ini dapat menjadi pilihan yang cocok untuk kamu.

• Prospek kerja untuk para lulusan dari Jurusan Teknik Energi Terbarukan ini tergolong cukup mumpuni dan juga luas.

• Seiring dengan berkembangnya zaman serta teknologi, pencarian akan sumber-sumber energi yang lebih ramah lingkungan juga semakin meningkat.

Mata Kuliah yang Dipelajari Jurusan Teknik Energi Terbarukan


1. Ekonomi Teknik
2. Matematika Dasar
3. Matematika Teknik
4. Teknik Instrumentasi
5. Dasar-Dasar Elektronika
6. Termodinamika Dasar
7. Mekanika Fluida
8. Manajemen dan Audit Energi
9. Pengantar Energi Terbarukan
10. Bahan Bakar dan Proses Pembakaran
11. Termodinamika Teknik
(wyn)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2392 seconds (0.1#10.140)
pixels