5 Jurusan Teknik Langka di Indonesia, Tertarik Masuk?

Minggu, 23 Juni 2024 - 08:55 WIB
loading...
5 Jurusan Teknik Langka...
Sedikitnya ada lima jurusan teknik langka yang berada di Indonesia. Saking jarangnya, beberapa di antaranya bahkan baru tersedia di satu perguruan tinggi saja. Foto/Freepik.
A A A
JAKARTA - Sedikitnya ada lima jurusan teknik langka yang berada di Indonesia. Saking jarangnya, beberapa di antaranya bahkan baru tersedia di satu perguruan tinggi saja.

Jurusan kuliah menjadi salah satu aspek penting yang perlu diperhatikan calon mahasiswa. Tak boleh asal pilih, mereka harus mengetahui informasi dasar terkait jurusan incarannya agar tidak menyesal di kemudian hari.

Baca juga: 6 Kampus Terbaik di Singapura untuk Kuliah Jurusan Teknik Versi EduRank 2023

Pada perkembangannya, muncul banyak jurusan kuliah baru di Indonesia. Menariknya, ada sebagian yang terbilang langka karena belum banyak dijumpai di berbagai kampus Tanah Air. Diolah dari berbagai sumber, Jumat (21/6/2024), berikut beberapa contohnya.

5 Jurusan Teknik Langka di Indonesia

1. Teknik Nuklir


Jurusan teknik nuklir terbilang masih langka di Indonesia. Saat ini, tercatat hanya ada beberapa kampus yang menyediakannya.

Baca juga: 6 Jurusan Kuliah yang Lulusannya Diburu ASDP Ferry, Buruan Daftar!

Salah satu perguruan tinggi yang membuka jurusan teknik nuklir adalah Universitas Gadjah Mada (UGM). Selain itu, ada juga Sekolah Tinggi Teknik Nuklir (BATAN), serta Institut Teknologi Bandung (ITB) untuk program pasca-sarjana.

2. Teknik Bioenergi dan Kemurgi


Berikutnya ada Teknik Bioenergi dan Kemurgi. Jurusan ini bisa ditemui di Institut Teknologi Bandung (ITB).

Baca juga: FT Undip Masuk Top 5 Universitas Teknik Terbaik di Indonesia Versi EduRank 2023

Melihat ke belakang, keberadaan jurusan ini bermula saat keilmuan bioenergi dan kemurgi menjadi sub jurusan pada program studi Teknik Kimia ITB tahun 2013. Setelah itu, jurusan Teknik Bioenergi dan Kemurgi diresmikan pada 2014 dan mulai menerima mahasiswa satu tahun setelahnya.

3. Teknik Transportasi Laut


Sejauh ini, jurusan Teknik Transportasi Laut tersedia di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Sesuai namanya, mahasiswa jurusan ini akan belajar seputar teknik transportasi laut mulai dari perancangan, operasional hingga manajemen sistem.

Baca juga: 5 Rekomendasi Universitas Swasta dengan Jurusan Teknik Terbaik

Meski langka, prospek kerjanya pun cukup menggiurkan. Lulusan dari program ini memiliki peluang untuk berkarier di sektor seperti transportasi laut, industri maritim, perkapalan hingga penelitian.

4. Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan


Kemudian, ada Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan . Fokusnya berada pada pengembangan dan penciptaan robot, serta pembuatan sistem cerdas yang mampu menjalankan berbagai tugas.

Baca juga: 3 Kampus Populer dengan Jurusan Teknik Geodesi Terbaik di Indonesia

Para lulusan dari jurusan ini memiliki peluang untuk bekerja di sektor-sektor seperti robotika, kecerdasan buatan (AI), penelitian, dan lain sebagainya, Saat ini, jurusan Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan bisa ditemui di Universitas Airlangga (Unair).

5. Teknik Pengairan


Melalui jurusan ini, mahasiswa akan belajar ilmu-ilmu dari teknik sipil seperti perencanaan desain, pengoperasian hingga pemeliharaan bangunan yang berkaitan dengan sumberdaya air. Mereka juga bisa menjadi pemecah masalah atas permasalahan keairan yang terjadi di Indonesia.

Saat ini, jurusan teknik pengairan masih langka di Indonesia. Beberapa kampu yang menyediakannya adalah Universitas Brawijaya dan Institut Teknologi Bandung (ITB).

Itulah beberapa jurusan teknik langka di Indonesia yang bisa diketahui.
(nnz)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1502 seconds (0.1#10.140)