Plus Minus Sekolah Negeri Vs Swasta, Orang Tua dan Siswa Perlu Tahu Sebelum Daftar PPDB 2024

Selasa, 25 Juni 2024 - 11:17 WIB
loading...
A A A
Pada penerimaan siswa baru beberapa tahun belakangan, banyak sekali yang merasakan kesusahan masuk sekolah dikarenakan sistem ini.

2. Fasilitas sekolah negeri umumnya terbatas

Karena sekolah ini tidak menerima uang dari siswanya, tidak heran kalau fasilitas di sekolah negeri lebih terbatas dibandingkan dengan sekolah swasta. Hal ini seringkali menjadi pertimbangan bagi orang tua dalam memilih sekolah untuk anaknya.

3. Perbandingan jumlah guru dan siswa yang tidak seimbang

Sekolah negeri umumnya memiliki jumlah murid yang terbilang banyak dan jumlah guru yang terbatas. Perbandingan jumlah siswa dan guru yang tidak seimbang dapat menjadi faktor kurang efektifnya kegiatan belajar mengajar.


Keuntungan Sekolah Swasta


1. Fasilitas yang terjamin berkualitas

Sekolah swasta dikenal dengan biayanya yang cukup mahal. Maka dari itu, ekspektasi kita untuk sarana dan prasarana sekolah tentunya akan tinggi. Dan memang benar, umumnya biaya sekolah yang mahal berarti fasilitas yang berkualitas pula.

2. Sekolah swasta dikelola oleh yayasan

Berbeda dengan sekolah negeri, sekolah swasta dimiliki dan dikelola oleh sebuah yayasan. Karenanya, peraturan dan kebijakannya biasanya berbeda dengan sekolah negeri. Aturan dari yayasan lebih fleksibel dan menyesuaikan dengan keadaan.

3. Kurikulum yang digunakan menstimulasi keaktifan siswanya
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1720 seconds (0.1#10.140)