Diskusi Literasi Digital Kemkominfo, Warga Pagar Alam Diajak Jadi Netizen Bijak

Minggu, 30 Juni 2024 - 10:20 WIB
loading...
A A A
Dari perspektif berbeda, Runner Up IV Putri Indonesia 2019 Helvanda mengatakan, bijak bermedia sosial harus mampu dan sigap melawan berita palsu (hoaks). Bentuk hoaks biasanya tidak ada sumber yang jelas, judul sensasional dan provokatif, informasi tidak konsisiten, gambar atau audio yang direkayasa, dan mendesak untuk disebarluaskan.

”Untuk melwan hoaks, verifikasi informasi, jangan sebarkan sebelum verifikasi, edukasi diri dan orang lain, berikan klarifikasi informasi kebenaran, serta berpikir kritis dan rasional,” rinci Helvanda.

Sementara Kapolsek Dempo Tengah, Pagar Alam, Ipda Budianto mengingatkan warganet untuk menghindari modus penipuan digital, maupun pencurian data informasi pribadi. ”Hati-hati terhadap pesan tak dikenal, tawaran melalui media sosial, dan link lampiran yang mencurigakan,” jelasnya.

Tips bila menjadi korban penipuan, segera laporkan kejadian, amankan akun, monitor akun keuangan, lindungi informasi pribadi, dan perbarui keamanan. ”Jika perlu, konsultasi dengan pengacara dan ambil tindakan hukum,” ujar Budianto.
(wyn)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1981 seconds (0.1#10.140)
pixels