Berapa Lama Kuliah Jurusan Kedokteran Sampai Punya Gelar dr? Jalan Panjang Menjadi Dokter

Kamis, 04 Juli 2024 - 15:25 WIB
loading...
A A A
Program profesi dokter ini mungkin lebih dikenal dengan istilah “koas“. Koas adalah jenjang pendidikan profesi dokter yang wajib untuk Anda ambil guna memperoleh gelar dokter.

UKMPPD untuk Mendapat Gelar Dokter


Pada saat pendidikan profesi dokter ini mahasiswa kedokteran akan melalui tahap Ujian Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter (UKMPPD).

UKMPDD diselenggarakan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan merupakan ujian akhir yang harus ditempuh oleh mahasiswa program profesi dokter sebelum mendapatkan gelar dokter.

UKMPPD biasanya dilaksanakan setelah mahasiswa program profesi dokter menyelesaikan studinya selama enam tahun. Ujian ini sangat penting karena hasilnya akan menentukan apakah mahasiswa tersebut layak mendapatkan gelar dokter atau tidak.

Tahapan UKMPPD ini lah yang jika mahasiswa program profesi dokter ini dinyatakan lulus maka akan memperoleh gelar dokter (dr.) serta Surat Tanda Registrasi (STR)

Magang


Lulus UKMPPD maka selanjutnya kalian yang ingin masuk jurusan kedokteran akan mengikuti program magang yang sangat penting untuk mempersiapkan kalian memakai jas putih, seragam kebangsaan para dokter.

Program magang ini umumnya berlangsung selama beberapa bulan hingga satu tahun, dan diadakan di rumah sakit, klinik, atau institusi medis lainnya.

Nah dengan tahapan ini maka dibutuhkan waktu 6 hingga tujuh tahun untuk mahasiswa kedokteran bisa menjadi seorang dokter profesional.
(nnz)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1594 seconds (0.1#10.140)