MPLS 2024 Dimulai Besok, Apa Pentingnya Bagi Siswa Baru?

Minggu, 07 Juli 2024 - 12:38 WIB
loading...
MPLS 2024 Dimulai Besok,...
MPLS memiliki peran penting dalam memberikan fondasi kokoh bagi siswa baru dalam mengoptimalkan potensi di sekolah. Foto/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) khususnya di wilayah Jakarta akan dimulai besok. Jadwal pelaksanaan MPLS pun berbeda-beda di setiap provinsi.

MPLS merupakan momen yang penting bagi siswa baru untuk memulai perjalanan di sekolah. Kegiatan ini dirancang khusus untuk memperkenalkan siswa baru dengan lingkungan sekolah, proses belajar mengajar dan komunitas sekolah.

Baca juga: Tahun Ajaran Baru Dimulai, Ini 5 Cara Melawan Malas Masuk Sekolah Usai Liburan

Namun apa pentingnya MPLS bagi siswa baru? Ternyata MPLS memiliki peran penting dalam memberikan fondasi kokoh bagi siswa baru dalam mengoptimalkan potensi di sekolah.

Khusus di Jakarta, MPLS akan dimulai besok, Senin 8 Juli 2024. Jadwal MPLS berbeda di setiap provinsi. Seperti di Jawa Tengah akan dimulai pada 22 Juli atau Jawa Timur pada 15 Juli.

Baca juga: Sambut Tahun Ajaran Baru, Mengenal Tujuan MPLS dan Juga Larangannya

Dikutip dari laman Itjen Kemendikbudristek, ini alasan mengapa siswa baru penting mengikuti MPLS.

5 Alasan Pentingnya Siswa Baru Mengikuti MPLS

1. Mengurangi rasa cemas dan stres


Bagi siswa baru, menghadapi lingkunugan sekolah yang baru dan belum dikenal merupakan pengalaman yang menegangkan dan bisa menimbulkan rasa cemas.

Dengan adanya MPLS, siswa pun akan memiliki kesempatan untuk beradaptasi dengan suasana sekolah secara bertahap. Baik kepada teman sekels, guru, juga akivitas belajar.

Baca juga: Begini Sejarah Mengapa Masuk Sekolah Selalu Dimulai Bulan Juli

Perlahan, setelah semua dikenali maka rasa cemas dan stres yang biasanya muncul ketika awal masuk sekolah pun akan menghilang.

2. Memahami Kultur dan Nilai Sekolah


Masing-masing sekolah memiliki kultur dan nilai-nilai khas yang telah menjadi identitas sekolah tersebut. Siswa yang mengikuti MPLS pun akan dikenalkan dengan budaya dan nilai sekolah itu.

Baca juga: Perpeloncoan Peserta Didik Baru Dilarang, Sekolah Bakal Diawasi Ketat

Pemahaman yang baik akan nilai dan normal yang berlaku di sekolah tersebut akan membantu siswa lebih mudah berintegrasi dengan lingkungan dan perilaku yang sesuai budaya sekolah tersebut

3. Mengetahui Sarana dan Prasarana Sekolah


MPLS biasanya akan ada tur ke seluruh area sekolah. Termasuk perpustakaan, laboratorium, gedung kelas, ruang olahraga dan lainnya.

Sehingga siswa akan dapat mengenal dan memahami seluruh sarana dan prasarana di sekolahnya agar mereka lebih nyaman dengan lingkungan sekolah.

4. Bangun Kekompakan dan Kebersamaan


MPLS juga menjadi momen bagi siswa baru untuk berinteraksi dan berkenalan dengan teman dan guru. Proses kenal antar sesama ini akan membangun rasa kebersamaan dan kekompakan sehingga siswa baru akan lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan sosial sekolah.

5. Memberi Informasi Penting bagi Siswa dan Orang Tua


Selain memperkenalkan lingkungan sekolah, MPLS juga menjadi ajang siswa baru dan orang tuanya untuk mendapatkan informasi penting tentang berbagai kebijakan sekolah

Demikian 5 alasan pentingnya MPLS bagi siswa baru. Semoga informasi ini bermanfaat.
(nnz)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1553 seconds (0.1#10.140)