5 Jurusan Kuliah Teknik Sepi Peminat Tapi Banyak Dibutuhkan, Berani Daftar?

Rabu, 10 Juli 2024 - 13:50 WIB
loading...
5 Jurusan Kuliah Teknik...
Teknik pengelasan menjadi salah satu jurusan teknik sepi peminat meski disebut lulusannya diprediksi banyak dibutuhkan di dunia kerja. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini 5 jurusan teknik sepi peminat tapi banyak dibutuhkan. Ketika berbicara jurusan teknik selama ini yang ada di benak banyak masyarakat berkutat antara Teknik Sipil, Teknik Komputer dan Teknik Mesin.

Padhal ada banyak jurusan teknik yang bisa jadi kurang familiar di telinga masyarakat tetapi justru disebut sangat dibutuhkan di dunia kerja. Jurusan teknik apa itu? Mengutip akun Instagram @Sinotif.Official, artikel kali ini akan membahas 5 jurusan teknik sepi peminat tetapi banyak dibutuhkan, simak ya!

5 Jurusan Teknik Sepi Peminat Tapi Banyak Dibutuhkan


1. Teknik Pengelasan


Mahasiswa Teknik Pengelasan akan mempelajari simbol pengelasan, geometri sambungan dan diskontinuitas pada pengelasan, menguasai welding code hingga konsep perencanaan dan pengkoordinasian kebutuhan.

Lulusan dari sini memiliki peran penting dalam dunia industri. Kenapa? Karena semua mesin dan bangunan dalam suatu sistem produksi harus tersambung, salah satunya dengan dilas.

Itulah mengapa, tenaga ahli dalam pengelasan itu dibutuhkan. Apalagi masih sedikit industri yang mampu menyiagakan pekerja di bidang ini. Kampus dengan prodi Teknik Pengelasan dengan akreditasi A dari BAN-PT ada di Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.

2. Teknik Perpipaan


Tidak banyak orang tahu tentang jurusan ini. Di prodi ini mahasiswa akan mempelajari bidang rekayasa perpipaan serta aplikasinya di bidang maritim.

Lingkup kerja dari lulusan ini sangatlah luas, karena hampir seluruh aspek kehidupan masyarakat membutuhkan sistem perpipaan.
Seperti rumah tinggal, gedung perkantoran, industri kimia, industri perkapalan hingga perminyakan dan pertambangan. Kampus dengan prodi Teknik Perpipaan dengan akreditasi A dari BAN-PT ada di Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.

3. Teknik Perkapalan


Jurusan sepi peminat namun dengan prospek kerja tinggi adalah Teknik Perkapalan. Perusahaan perkapalan serta tambang minyak dan gas di tengah laut sangat membutuhkan lulusan dari jurusan ini. Mahasiswa Jurusan Teknik Perkapalan akan belajar tentang seluk beluk tentang perencanaan dan pembangunan kapal.

Mulai dari bentuk kapal, struktur, produksi, perbaikan hingga bisnis pengoperasian armada kapal. Kampus dengan prodi Teknik Perkapalan dengan akreditasi A dari BAN-PT ada di ITS, UI, Undip dan Universitas Hasanuddin.


4. Teknik Metalurgi


Terdengar asing memang karena Teknik Metalurgi memang kalah populer dari jurusan teknik yang lain. Di jurusan ini mahasiswa akan belajar bagaimana merancang logam, mempelajari sifat logam dan memecahkan masalah dalam bidang manufaktur.
Lulusan Teknik Metarlurgi nantinya akan sering bekerjasama dengan lulusan pertambambangan. Terutama saat proses ekstraksi bijih logam pasca ditambang.

Kampus dengan prodi Teknik Metalurgi dengan akreditasi A dari BAN-PT ada di UI, ITB dan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Banten.

5. Teknik Kelautan


Ada pemahaman kurang tepat dari jurusan ini. Sebagian besar orang menilai Teknik Kelautan berhubungan dengan biota dan jenis hewan di laut. Padahal di jurusan ini mahasiswa akan belajar tentang bagaimana mempelajari tentang sistem konstruksi.

Lulusan Teknik Kelautan akan bekerja di perusahaan yang berhubungan dengan pertambangan minyak dan gas di laut.
Kampus dengan prodi Teknik Kelautan dengan akreditasi A dari BAN-PT ada di ITB, ITS dan Universitas Hasanuddin
(wyn)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2069 seconds (0.1#10.140)