Disdik DKI Buka Lowongan Kerja Guru KKI Agustus 2024, Kuota 1.700

Minggu, 21 Juli 2024 - 09:56 WIB
loading...
Disdik DKI Buka Lowongan...
Imbas pemecatan ratusan guru honorer Jakarta, Disdik DKI akan membuka lowongan kerja guru KKI Agustus mendatang. Foto/Ilustrasi/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Dinas Pendidikan (Disdik) DKI Jakarta akan membuka lowongan Guru Kontrak Kerja Individu (KKI) pada Agustus 2024 dengan kuota 1.700. Rekrutmenini khusus dibuka bagi guru yang terkena cleansing.

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengatakan, isu cleansing yang membuat gaduh para guru honorer karena dianggap diberhentikan sepihak itu adalah proses mempadankan data 4.000 guru honorer.

Baca juga: Ratusan Guru Honorer Diberhentikan, Heru Budi Panggil Kepala Sekolah se-Jakarta Hari Ini

Proses pemadanan data ini, jelasnya, adalah untuk memberikan 4.000 guru honorer yang sudah lama mengajar ini rekomendasi untuk masuk di Data Pokok Pendidikan (Dapodik).

Selanjutnya, kata mantan Kepala Sekretariat Kepresidenan ini, Disdik DKI akan membuka lowongan guru KKI bagi guru yang terkena cleansing. Hanya saja, ujarnya, dari 4.000 yang didata Disdik hanya akan menerima 1.700 guru saja.

Baca juga: Heru Budi Bantah Ratusan Guru Honorer Dipecat: Akan Didistribusikan ke Sekolah Lain

"Pemda DKI melalui Kepala Dinas Pendidikan memberikan kesempatan untuk bisa mendaftar melalui mekanisme yang benar sebagai guru didik KKI tahun ini, Agustus ini akan membuka 1.700 untuk guru-guru," ucap Budi.

Untuk itu, ia berharap, para guru honorer yang terdampak kebijakan cleansing dapat mendaftar lowongan KKI. Ia berkata, pembukaan pendaftaran KKI bagi guru honorer yang terdampak cleansing ditujukan agar temaga pendidik bisa mendapat haknya.

Baca juga: Ratusan Guru Honorer di Jakarta Dipecat Mendadak Tanpa Pemberitahuan

"Sekali lagi Pemda DKI ingin guru didik pengajar mendapatkan haknya sebagaimana mestinya ya melalui mekanisme yang selama ini mengajar dari tahun 2017 sampai hari ini tidak mendapatkan hak semestinya. Maka sekali lagi digarisbawahi, Dinas Pendidikan memberikan kesempatan haknya," ucap Budi.

Lalu bagaimana sisa 2.300 guru honorer yang terkena cleansing? mantan Wali Kota Jakarta Utara ini meminta untuk jangan khawatir karena lowongan ini akan kembali dibuka pada 2025 mendatang.

"Bagaimana sisanya 2.300? DKI sudah memikirkan itu untuk dibuka di 2025. Namun, prosedurnya silahkan mempersiapkan diri tes ada mekanisme yang benar ada wawancara segala macam itu sesuai dengan aturan. Gunakan kesempatan ini dengan baik dari tentunya 1.700 akan dapat (KKI), sisanya 2.300 akan diberikan kesempatan 2025," tandasnya.
(nnz)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1922 seconds (0.1#10.140)