Dosen FEB UWKS Beri Pelatihan Pelaporan Pajak kepada 75 Guru SMAN 12 Surabaya

Jum'at, 26 Juli 2024 - 20:14 WIB
loading...
Dosen FEB UWKS Beri...
Tim dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Wijaya Kusuma Surabaya (UWKS) memberi pelatihan pelaporan pajak di SMAN 12 Surabaya, Jumat (26/7/2024).Foto/masdarul
A A A
SURABAYA - Tim dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Wijaya Kusuma Surabaya (UKSW) memberi pelatihan pelaporan pajak (Surat Pajak Tahunan/SPT) terhadap 75 guru SMAN 12 Surabaya, Jumat (26/7/2024).

Ada tiga dosen yang memberi materi sekaligus pendampingan, yaitu Yanis Ulul Azmi, Pratiwi Dwi Karjati dan Wiwik Herawati. "Kami menyampaikan materi bagaimana membuat pelaporan pajak melalui e-filling," kata Yanis saat memberi materi.

Yanis juga menyinggung kebiasaan buruk wajib pajak yang suka mengulur waktu atau memilih waktu di akhir. “Setiap tahun, katanya, kita diberi waktu mulai Januari hingga Maret untuk melaporkan. Namun yang terjadi, banyak yang memilih bulan Maret untuk mmembuat laporan. Ini cukup berisiko karena di akhir-akhir waktu biasanya banyak yang mengakses, sehingga kendalanya lemot dan macet,"ujarnya.



Salah seorang guru mengaku terbantu dengan adanya pelatihan sekaligus pendampingan ini. "Paling tidak dengan kegiatan ini kami diingatkan kembali mengenai pelaporan pajak. Soalnya terkadang kami ini lupa bagaimana mengaksesnya," akunya.

Wakil Dekan III FEB, James Tumewu menegaskan, kegiatan ini sebagai bentuk pengabdian kami kepada masyarakat (pengmas). "Kami ingin membantu para guru untuk membuat pelaporan yang baik dan benar serta tertib. Dengan membayar pajak merupakan bentuk pengabdian juga kepada negara," terangnya.

James berharap, kegiatan ini bisa memberikan banyak manfaat dari kemampuan para dosen UWKS untuk para guru di SMAN 12.
Dia menambahkan, selain pelatihan perpajakan, ada dua materi lain yang disampaikan. “Kalau perpajakan khusus untuk para guru, dua materi lain yakni Pelatihan Komunikasi Bisnis dan Profesi Akuntansi, serta Pelatihan Akuntansi Dasar diberikan untuk para siswa,” ujarnya

Dosen yang mengisi materi komunikasi bisnis adalah Siti Asiah Murni, Dwi Indah Mustikorini, Sukamto. Sedangkan materi Akuntansi dasar disampaikan oleh James Tumewu, Lilik Pirmaningsih, Akhmad Zainuddin.

Kepala SMAN 12 Surabaya Mugono menyambut baik tim dosen UWKS yang memberikan pelatihan kepada guru dan siswanya. "Alhamdulillah, SMA 12 diberikan materi atau pencerahan mengenai pelaporan pajak. Dari 85 guru yang ada di sini, 75 orang kami wajibkan ikut. Sedangkan 10 guru lain ada kegiatan pendampingan siswa di hari yang sama," ujar Mugono.

Mugono berharap kegiatan ini tidak berhenti sampai saat pelatihan kali ini saja melainkan bisa terus berlanjut dan berkesinambungan. "Setelah pelatihan ini, tentu harapan kami para guru makin dasar untuk membuat pelaporan pajak sedangkan ppara siswa mendapat tambahan pengetahuannya," pungkasnya.
(wyn)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2186 seconds (0.1#10.140)