Apa Bedanya S1 Kedokteran dan Profesi Dokter? Simak Jawabannya

Rabu, 31 Juli 2024 - 09:54 WIB
loading...
A A A
Berbeda dengan S1 Kedokteran yang lebih banyak teori, profesi dokter lebih banyak mengutamakan praktik. Para dokter muda akan belajar langsung hal-hal seperti menangani pasien hingga menjadi asisten saat berjalannya operasi.

Biasanya, terdapat juga sistem rotasi yang memungkinkan para koas akan bergantian mempelajari sesuatu sesuai dengan bagiannya. Pendidikan profesi ini kurang lebih memakan waktu antara 1,5 - 2 tahun.

Setelah lulus profesi dokter , perjuangan belum berakhir. Selanjutnya, Anda wajib mengikuti Ujian Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter (UKMPPD).

Apabila sudah mendapat tanda lulus UKMPPD, barulah fakultas akan menyandangkan gelar dokter untuk Anda. Setelah itu, bisa mengikuti wisuda kembali dan mengikrarkan Sumpah Dokter.

Selanjutnya, Anda juga dapat mengikuti program internship agar nantinya memperoleh izin praktik. Selain itu, dapat pula melanjutkan ke jenjang spesialis apabila berkenan.

Jadi, bisa dipahami bahwa istilah S1 Kedokteran dan profesi dokter sebenarnya mengacu pada tahapan seseorang untuk menjadi dokter. S1 Kedokteran adalah gerbang awal yang akan membuat mahasiswa menerima gelar Sarjana Kedokteran.

Sementara itu, profesi dokter adalah studi lanjutan yang wajib dilalui lulusan Sarjana Kedokteran agar nantinya bisa menjadi dokter . Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan Anda.
(nnz)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0978 seconds (0.1#10.140)