Teknik Telekomunikasi: Prospek Kerja, Gaji, dan Kampus Unggulannya

Kamis, 01 Agustus 2024 - 09:19 WIB
loading...
Teknik Telekomunikasi:...
Teknik telekomunikasi adalah salah satu pilihan studi yang menarik bagi calon mahasiswa yang tertarik pada teknologi komunikasi. Foto/Freepik.
A A A
JAKARTA - Dengan prospek kerja yang luas dan gaji yang kompetitif, jurusan Teknik Telekomunikasi adalah salah satu pilihan jurusan kuliah yang menarik bagi calon mahasiswa yang tertarik pada teknologi komunikasi.

Teknik Telekomunikasi adalah salah satu bidang teknik yang berfokus pada teknologi komunikasi, termasuk jaringan, sistem komunikasi, dan transmisi data.

Baca juga: Jadi Prodi Prospektif, Berapa Rata-rata Gaji Lulusan Teknik Pertambangan ITB? Ternyata Segini

Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, prospek kerja lulusan teknik telekomunikasi sangat menjanjikan.

Dikutip dari laman Telkom University, berikut ini prospek kerja jurusan Teknik Telekomunikasi.

Prospek Kerja Jurusan Teknik Telekomunikasi

1. Spesialis Keamanan Siber


Bekerja di ranah cyber security mengharuskanmu melindungi infrastruktur dan data dari ancaman siber. Keamanan dan privasi informasi berada di ranah tanggung jawab pekerjaanmu.

Baca juga: 3 Jurusan Bidang Komputer dan Informatika Banyak Peminat di ITB, UB, Undip, dan ITS

2. Analisis Jaringan


Mulai dari mengevaluasi kinerja jaringan dan mengidentifikasi masalahnya, seorang analis jaringan mencarikan solusi untuk mengoptimalkan jaringan terkait. Tentu saja, hal ini hanya bisa dilakukan oleh mereka yang belajar secara khusus tentang jaringan.

3. Operator Network Operations Center (NOC)

Jaringan juga perlu dipantau dan diawasi agar tetap optimal. Ini menjadi tugas dan tanggung jawab utama seorang NOC atau Operator Network Operations.

Baca juga: 7 Kampus dengan Jurusan Kuliah Teknik Pertambangan Terbaik di Indonesia, ITB Masih Terdepan

4. Engineer Telekomunikasi


Karier ini memberikanmu tanggung jawab untuk merancang dan menerapkan sistem komunikasi. Tidak hanya itu, kamu juga memeliharanya agar komunikasi berjalan lancar dan tidak bertele-tele.

5. Researcher di Bidang Telekomunikasi


Kamu juga bisa mengembangkan inovasi dengan melakukan penelitian baru. Tujuannya tentu saja untuk memajukan teknologi telekomunikasi. Umumnya, lembaga-lembaga terkait atau universitas sering membutuhkan para peneliti.

Baca juga: Jurusan Teknik Paling Ramai Peminat di UI, UGM, ITB, dan UNS, BUMN Antre Merekrut Lulusannya?

6. Marketing Specialist
People person yang lulus dari Teknik Telekomunikasi bisa menjadi marketing specialist. Tugasnya? Tentu saja mempromosikan produk dan layanan telekomunikasi. Tidak hanya itu, mereka bertanggung jawab memahami kebutuhan pasar dan mengembangkan strategi pemasaran yang efektif.

7. Network Designer


Lulusan Teknologi Komunikasi juga in-charge merancang jaringan yang kompleks. Dari sesuatu yang rumit itu, network designer harus memastikan efisiensi dan keandalan serta skalabilitas sistem komunikasi.

8. Manajer Proyek Telekomunikasi


Seperti namanya, berkarier sebagai manajer mengharuskanmu fokus pada pengelolaan proyek-proyek telekomunikasi. Mulai dari perencanaan hingga pelaksanaan, kamu harus memastikan proyek selesai tepat waktu dan sesuai anggaran.

9. Konsultan


Perusahaan membutuhkan profesional yang bisa memberikan saran ahli terkait teknologi komunikasi. Umumnya, ruang lingkup meliputi analisis kebutuhan dan implementasi sistem. Ini menjadi karier yang bisa kamu pilih.

10. Teknisi Lapangan


Teknisi lapangan memiliki tanggung jawab atas instalasi, pemeliharaan, dan perbaikan segala peralatan telekomunikasi. Tidak hanya itu, mereka harus memastikan bahwa layanan berkualitas tinggi.

Gaji Jurusan Teknik Telekomunikasi


Telkom University memberikan gambaran gaji lulusan Teknik Telekomunikasi Gaji lulusan sangat variatif. Selain lokasi, faktor seperti pengalaman dan spesialisasi mempengaruhi besaran angkanya.

Fresh graduate, misalnya, rata-rata gajinya adalah Rp4.000.000 hingga Rp7.000.000 per bulannya. Sementara itu, tingkat manajerial menerima Rp10.000.000 hingga Rp20.000.000 setiap bulannya.

Namun, kalau kamu bekerja di Amerika Serikat, kamu bisa menerima antara USD 71.935 hingga USD 169.420 per tahun.[2][3] Sangat menarik, kan? Hal ini cukup memberi gambaran betapa pentingnya keberadaan lulusan Teknik Telekomunikasi dalam berbagai lini kehidupan manusia di seluruh dunia.

Kampus Terbaik Jurusan Teknik Telekomunikasi


Dilansir dari laman Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT), berikut ini sejumlah kampus dengan jurusan Teknik Telekomunikasi yang sudah terakreditasi.

1. Telkom University (Kampus Kota Surabaya dan Kampus Kota Jakarta Barat


Status Akreditasi: Baik

2. Universitas Pendidikan Indonesia


Status Akreditasi: Baik

3. Institut Teknologi Telkom Purwokerto


Status Akreditasi: Baik Sekali

4. Institut Teknologi Sepuluh Nopember


Status Akreditasi: Baik

5. Institut Teknologi Bandung


Status Akreditasi: Unggul

6. Institut Teknologi Telkom Surabaya


Status Akreditasi: Baik

7. Institut Teknologi Sumatera


Status Akreditasi: Baik

8. Telkom University


Status Akreditasi: Baik

Demikian sekilas mengenai jurusan kuliah Teknik Telekomunikasi. Semoga informasi ini bermanfaat.
(nnz)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2055 seconds (0.1#10.140)