Prodi Pendidikan Biologi FKIP UKI Lakukan Pengabdian Masyarakat di SMA Yadika 8 Kota Bekasi

Kamis, 01 Agustus 2024 - 11:49 WIB
loading...
Prodi Pendidikan Biologi...
Tim dosen dan mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP UKI melakukan kegiatan pengabdian masyarakat di SMA Yadika 8 Kota Bekasi, Rabu (31/7/2024). Foto/Isti 2024.
A A A
BEKASI - Tim dosen dan mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP Universitas Kristen Indonesia (UKI) melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di SMA Yadika 8 Kota Bekasi, Rabu, 31 Juli 2024.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan bersama siswa kelas XII dan guru SMA Yadika 8 Kota Bekasi. Kegiatan dibuka langsung oleh wakil kepala sekolah SMA Yadika 8, Lastiar Lumbantoruan.

Pengabdian kepada masyarakat merupakan wujud nyata dari visi prodi Pendidikan Biologi FKIP-UKI terkait dengan biodiversitas, lingkungan, dan kearifan lokal.

Kegiatan pengabdian masyarakat yang didukung Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat UKI ini berbentuk sosialisasi dan workshop terkait pembuatan masker wajah alami, pembuatan minuman tradisional bir pletok, dan pembuatan tempe koro benguk.

Workshop terkait pembuatan masker wajah dipaparkan oleh akademisi Prodi Pendidikan Biologi FKIP UKI, Prof. Dr. Marina Silalahi, M.Si, Riska Septia Wahyunintyas, M.Pd, serta mahasiswa prodi Pendidikan Biologi UKI Anne Hutabarat, dan Ezra Angela.



Prof Marina mengatakan, masker wajah terbuat dari bahan-bahan alami seperti bubuk kopi, alpukat, madu, dan yoghurt. Bahan alami tersebut dihaluskan kemudian dioleskan pada wajah menggunakan alat kit pembuatan masker.

“Masker kopi dibuat dengan cara mencampurkan bubuk kopi tanpa gula dengan air pada alat kit masker. Masker alpukat dibuat dengan memblender alpukat yang sudah dikupas hingga halus dan mencampurkannya dengan madu. Masker yogurt dibuat dengan mencampur yogurt dengan madu. Workshop pembuatan masker wajah ini untuk mengatasi permasalahan kulit pada remaja SMA,” urai Prof. Marina dalam keterangan resminya, Kamis (1/8/2024).

Pembuatan Bir Pletok


Workshop terkait pembuatan minuman tradisional bir pletok dipaparkan oleh Dr. Sunarto, M.Hum., Fajar Adinugraha, M.Pd., serta mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi UKI, Geskia Avikasari Sembiring, dan Vriska Andika.

“Pembuatan bir pletok terbuat dari kapulaga, biji pala, pandan, jahe merah, batang sereh, cengkeh, kayu secang, dan kayu manis. Bahan tersebut direbus menggunakan air mendidih tetapi bahan tersebut perlu ditumbuk kasar atau digeprek terlebih dahulu,” ujar Dr. Sunarto.

Ketua Program Studi Pendidikan Biologi FKIP UKI ini menjelaskan cara pembuatan lengkapnya ialah memasukkan jahe yang sudah dibakar, kapulaga, cengkeh, biji pala, sereh, dan kayu manis yang sudah digeprek ke dalam air mendidih kemudian mendiamkannya sebentar.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1562 seconds (0.1#10.140)