Prodi Pendidikan Biologi FKIP UKI Lakukan Pengabdian Masyarakat di SMA Yadika 8 Kota Bekasi

Kamis, 01 Agustus 2024 - 11:49 WIB
loading...
A A A
“Langkah selanjutnya, memasukkan pandan, gula, dan garam sesuai selera, lalu mengaduknya dan mendiamkannya sebentar. Terakhir, memasukkan kayu secang dan menunggu hingga warnanya kemerahan sambil sesekali mengaduk,” jelasnya.

Tak kalah menarik, dalam kesempatan ini, siswa-siswi SMA Yadika 8 Kota Bekasi turut mengikuti workshop pembuatan tempe koro benguk yang dipaparkan oleh akademisi Prodi Pendidikan Biologi UKI, Adisti Ratnapuri, M.Pd., bapak Dr. Jendri Mamangkey, S.Si., serta mahasiswa Aulia Septiani, dan Jhony Yakobus Lomo.

“Pembuatan tempe koro benguk terbuat dari biji koro benguk dengan ragi Rhizopus sp. Langkah pembuatannya, yaitu merebus biji koro benguk selama 30 menit, kemudian memisahkan kulit ari dan memotong biji koro benguk menjadi 2-3 bagian. Koro benguk tersebut direndam selama 3 hari 3 malam dan setiap 12 jam airnya diganti. Biji koro benguk dicuci bersih dan dikukus selama 30 menit dan berikan ragi 0.3% dari bobot biji koro benguk. Terakhir, dibungkus menggunakan plastik atau daun pisang,” jelas Adisti.

Workshop pada pengabdian masyakarat kali ini ditutup dengan memperkenalkan produk unggulan mahasiswa Pendidikan Biologi FKIP-UKI, yaitu Yo-Ja yakni Yogurt Jahe Merah. Produk ini merupakan pemenang hibah kegiatan kewirausahaan yang didanai oleh Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha Kemdikbudristek RI tahun 2024.

Tim Yo-Ja ini terdiri atas mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi UKI, Rivaldi Sitinjak, Tri Maharani Permata Nitte, Joice Elma Miranda Gulo, Tesalonika Simanjuntak, dan Salwa Zainum Mutaqqin.
(wyn)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1757 seconds (0.1#10.140)