Jangan Salah! Ini 2 Perbedaan Gelar Master dan Magister untuk Jenjang S2

Sabtu, 10 Agustus 2024 - 07:00 WIB
loading...
Jangan Salah! Ini 2...
Kuliah pascasarjana jenjang Strata Dua (S2) sering disematkan sebagai gelar magister dan master. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini dua perbedaan Gelar Master dan Magister untuk jenjang S2 yang perlu diketahui. Kuliah pascasarjana jenjang Strata Dua (S2) sering disematkan sebagai gelar magister dan master. Gelar master dan magister untuk studi lanjut program pascasarjana (S2) ternyata memiliki beberapa perbedaan. Artikel kali ini akan membahasnya, simak ya!

Perbedaan Gelar Master dan Magister


1. Penggunaan di kampus


Perbedaan master dan magister adalah penggunaannya di kampus. Kalau penyebutan Master lebih umum digunakan lulusan kampus luar negeri atau kampus yang menggunakan kurikulum internasional.

Sementara magister, sering dipakai kampus dalam negeri. Misalnya di perguruan tinggi negeri (PTN) atau perguruan tinggi swasta (PTS). Magister ditempuh antara satu sampai tiga tahun. Dalam hal kredit studi, sistem pendidikan tinggi Eropa yang terstandardisasi menetapkan mahasiswa harus memiliki 90-120 kredit atau SKS.

Nama lainnya, European Credit Transfer and Accumulation System (ECTS). Sementara di Inggris dibutuhkan 180 kredit untuk menyelesaikan program master dan 36 hingga 54 kredit semester di Amerika Serikat.

Kalau di Indonesia, mahasiswa rata-rata menyelesaikan 30 hingga 60 SKS. Durasi spesifiknya bervariasi tergantung pada subjek, negara tempat kamu belajar, dan jenis gelar master atau magister yang dipilih.

Mahasiswa yang lulus dengan gelar magister harus memiliki pengetahuan tingkat lanjut tentang topik teoritis dan terapan yang terspesialisasi. Serta keterampilan dan teknik tingkat tinggi yang terkait dengan bidang studi pilihan mereka.


2. Macam-macam gelar Master atau Magister


Perbedaan Master dan Magister lainnya adalah kalau mahasiswa lulus jenjang Master di luar negeri, maka gelarmu ditambahkan dengan nama bidang studi. Misalnya seperti ini:

MBA: Master of Business Administration

MA: Master of Arts

M.Ed: Master of Education

M.Sc: Master of Science
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2298 seconds (0.1#10.140)