Ini Keunggulan Program Magister Terapan

Minggu, 30 Mei 2021 - 12:52 WIB
loading...
Ini Keunggulan Program Magister Terapan
Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi (Dirjen Diksi) Kemendikbud Wikan Sakarinto. Foto/Dok/Humas Kemendikbud
A A A
JAKARTA - Program magister terapan bisa menjadi pilihan bagi mahasiswa lulusan sarjana terapan (D4) untuk melanjutkan ke tingkat pascasarjana. Untuk mengenal lebih jauh tentang magister terapan dan kampus mana saja yang membuka program ini simak penjelasannya di bawah ini.

Dikutip dari instagram Direktorat Dikti Vokasi dan Profesi Kemendikbudristek di @diktivokasi, Sabtu (29/5), program magister (S2) terapan di Indonesia ada sejak tahun akademik 2013. Seiring dengan disahkannya UU NO 12/2012 tentang Pendidikan Tinggi yang mengizinkan politeknik menyelenggarakan program pendidikan hingga jenjang magister dan doktor terapan.



Program ini diterapkan dengan menggunakan model rekayasa teknologi berbasis penyelesaian permasalahan atau engineered technology-based problem solving, & dirancang untuk bisa jadi alternatif pilihan studi ke level pascasarjana yang bertujuan untuk menyiapkan tenaga vokasi terampil.

Program ini di desain untuk memberikan kesempatan bagi para mahasiswa untuk mengetahui permasalahan secara komprehensif & untuk menyiapkan tenaga kerja profesional yang bisa berkontribusi pada pengembangan industri di Indonesia.

Tujuan:
Diadakannya program ini adalah untuk mempersiapkan tenaga-tenaga vokasi yang terampil dan mampu memberikan nilai tambah kompetitif bagi industri, bisnis dan pekerjaan.

Melalui pemutakhiran teknologi dibidangnya sesuai dengan kaidah-kaidah penerapan teknologi, mampu memberikan solusi bagi dunia usaha dan dunia industri serta mampu mengimplementasikan ilmu pengetahuan dan keahliannya dalam bentuk produk.



Keunggulan:
Program S2 Terapan lebih berorientasi kepada praktik dan berbasis laboratorium. Karenanya, lingkup studi mahasiswa S2 terapan itu kuliah, laboratorium, kuliah, laboratorium dan seterusnya karena dosen pembimbing teori dan laboratorium juga ada.
Selain itu proses riset dalam S2 terapan juga harus berbentuk produk yang bernilai inovasi.Untuk mempererat studi, mahasiswa S2 terapan sudah dibimbing sejak tesis pertama sehingga proposal tesis tidak akan molor.

Berikut ini adalah beberapa kampus vokasi yang membuka program magister terapan:

1. Politeknik Negeri Padang dan Politeknik Negeri Medan: Sistem Informasi Akuntansi
2. Politeknik Negeri Lampung: Ketahanan Pangan
3. Politeknik Negeri Bali: Perencanaan Pariwisata
4. Politeknik Negeri Malang: Sistem Informasi Akuntansi, Teknik Elektro, Rekayasa Teknologi Manufaktur
5. Politeknik Negeri Bandung: Rekayasa Infrastruktur dan Keuangan dan Perbankan Syariah
6. Politeknik Eelektronika Negeri Surabaya: Teknik Elektro dan Teknik Informatika Kompuer
7. Politeknik Negeri Jakarta: Teknik Elektro dan Rekayasa Teknologi Manufaktur
8. Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya: Teknik Keselamatan dan Resiko
9. Politeknik Pertanian Negeri Pangkep: Ketahanan Pangan
10. Politeknik Negeri Semarang: Teknik Telekomunikasi
11. Politeknik Negeri Jember: Agribisnis.
12. Politeknik Negeri Sriwijaya: Teknik Energi Terbarukan.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2841 seconds (0.1#10.140)