Biaya Kuliah Kedokteran di 5 Kampus Swasta, Yarsi, UPH, UMJ, UKI, dan Untar

Minggu, 11 Agustus 2024 - 09:35 WIB
loading...
Biaya Kuliah Kedokteran...
Biaya kuliah kedokteran di sejumlah PTS di Jakarta menarik untuk diketahui. Foto/Freepik.
A A A
JAKARTA - Biaya kuliah untuk jurusan kedokteran di sejumlah kampus swasta di Jakarta menarik untuk diketahui. Kualitas pendidikan yang ditawarkan PTS cukup tinggi diimbangi dengan biaya yang tidak sedikit.

Selain biaya kuliah, calon mahasiswa kedokteran juga harus memperhitungkan biaya tambahan seperti biaya praktikum, buku, alat-alat medis, dan kegiatan-kegiatan lainnya yang menjadi bagian dari kurikulum pendidikan kedokteran.

Baca juga: Biaya Kuliah Kedokteran Mahal? Cek UKT-nya di UI, Unair, ITS, IPB, UNS, Undip, dan UB

Meskipun biaya pendidikan di kampus swasta cenderung tinggi, banyak orang tua dan mahasiswa tetap memilih PTS karena fasilitas dan kualitas pendidikan yang ditawarkan. Beberapa PTS juga menawarkan beasiswa dan program keringanan biaya untuk membantu mahasiswa yang membutuhkan.

Dengan biaya yang cukup tinggi, para calon mahasiswa dan orang tua diharapkan dapat mempersiapkan dana pendidikan dengan matang atau mencari alternatif seperti beasiswa untuk meringankan beban biaya.

Baca juga: Unair Banyuwangi Buka Prodi Profesi Dokter Hewan, Berapa UKTnya?

Bagi Anda yang tertarik kuliah kedokteran di wilayah Jakarta, berikut ini biaya kuliah Kedokteran di Universitas Yarsi, Universitas Pelita Harapan (UPH), Universitas Kristen Indonesia (UKI), Universitas Prof. Dr. HAMKA (Uhamka), dan Universitas Atma Jaya.

Biaya Kuliah Kedokteran di 5 Kampus Swasta

1. Biaya Kuliah Kedokteran Universitas Yarsi


Jurusan Kedokteran di PTS yang berada di bilangan Jakarta Timur ini sudah terakreditasi Unggul Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT). Status akreditasinya hingga tahun 2028.

Biaya kuliah jurusan Kedokteran di Yarsi totalnya mencapai Rp721.450.000. Rinciannya untuk biaya pendaftaran Rp350.000 kemudian ada biaya Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) sebesar Rp1.200.000.

Baca juga: 25 PTN dan PTS dengan Jurusan Kedokteran Akreditasi Unggul di Indonesia

Biaya kuliah untuk semester pertama dan kedua masing-masing Rp260 juta. Sedangkan untuk biaya kuliah semester ketiga dan keempat masing-masing Rp40 juta.

2. Biaya Kuliah Kedokteran UPH


Universitas Pelita Harapan atau UPH sebagai kampus swasta lainnya yang memiliki jurusan Pendidikan Dokter ini pun sudah memiliki status akreditasi Unggul dari BAN PT.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4105 seconds (0.1#10.140)