Tips dari YouTube dan Instagram Bawa Mahasiswa Unesa Lolos IISMA ke Rusia

Selasa, 13 Agustus 2024 - 09:42 WIB
loading...
A A A
Mendapatkan informasi bahwa dirinya berhasil lolos IISMA-CO ke Rusia, Irene senang dan bingung di waktu yang bersamaan. Bukan tanpa alasan, persyaratan untuk keperluan daftar ulang cukup banyak dan ketat terutama pada aspek kesehatan.

“Ada beberapa hasil tes kesehatan yang perlu diserahkan, ada enam, salah satunya tes HIV. Jadi waktu KKN itu saya harus bolak-balik rumah sakit buat tes kesehatan,” ucap Irene saat menceritakan empat bulan menghabiskan masa KKN-nya.

Ine bercita-cita menjadi seorang diplomat dan salah satu cara yang tepat untuk mengantarkan dirinya berkenalan dengan dunia itu adalah kemampuan jurnalistik.

Baca juga: Selamat, 2.277 Mahasiswa Raih Beasiswa IISMA 2024 ke 30 Negara

Di Rusia, Ine akan belajar tentang linguistic features of media communication, theories and studies of mass communication, current issues of mass media, dan contemporary Russian culture in global context.

Dia ingin menjadi seorang jurnalis yang sadar terhadap isu-isu terkini. Selain itu, kegiatan tulis-menulis yang dilakukan seorang jurnalis menurutnya akan melatih kemampuannya dalam berkomunikasi dengan orang lain melalui tulisan.

Dulunya dia merupakan anak yang pendiam dan tidak tertarik untuk menjalin komunikasi dengan banyak orang. Namun setelah menjajaki bangku SMA, Irene mulai tertarik mengikuti ekstrakurikuler keroncong yang berhasil membuatnya menjadi pribadi yang aktif berbicara.

Sejak itulah dia merasakan asiknya berkomunikasi dengan banyak orang. “Awalnya saya mikir kalau obrolannya nggak jelas, tapi kok seru aja gitu rasanya, dari situlah mulai senang ngobrol sama orang,” ungkapnya.

Sejak mendaftarkan diri di IISMA-Co, Irene sadar kalau dia harus memikirkan besaran biaya yang harus ditanggungnya selama menimba ilmu di luar negeri. Alasan itu pula yang membuatnya melirik Rusia sebagai negara tujuan.

Selain karena merupakan negara yang berdiri di dua benua, Eurasia, menurutnya biaya hidup di sana masih bisa dijangkau olehnya.
Anak dari ayah yang bekerja sebagai pegawai bank dan ibunya yang merupakan seorang manager perusahaan di Surabaya ini mengaku kedua orang tuanya mampu dan setuju untuk membiayainya.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1208 seconds (0.1#10.140)