Deretan Jurusan Kuliah Termahal di Indonesia, Nomor Satu Sudah Jadi Rahasia Umum

Selasa, 13 Agustus 2024 - 15:42 WIB
loading...
Deretan Jurusan Kuliah...
10 jurusan kuliah yang biaya kuliahnya termahal di Indonesia. Foto/Unair.
A A A
JAKARTA - Berikut ini 10 jurusan kuliah dengan biaya kuliahnya termahal di Indonesia. Bukan hanya Kedokteran namun beberapa jurusan lain juga harus membuat mahasiswa merogoh koceknya semakin dalam.

Baca juga: Biaya Kuliah Kedokteran di 5 Kampus Swasta, Yarsi, UPH, UMJ, UKI, dan Untar

Di tengah semakin tingginya biaya pendidikan di Indonesia, beberapa jurusan di perguruan tinggi kini dikenal dengan biaya kuliah yang sangat tinggi. Biaya ini tidak hanya mencakup uang semester, tetapi juga biaya tambahan seperti praktek laboratorium, magang, dan bahan ajar.

Baca juga: Biaya Kuliah Kedokteran Mahal? Cek UKT-nya di UI, Unair, ITS, IPB, UNS, Undip, dan UB

Biaya kuliah yang mahal tidak selalu menjamin kualitas pendidikan yang lebih baik, tetapi hal ini sering kali menjadi indikator akan kebutuhan fasilitas dan sumber daya yang lebih besar untuk jurusan tertentu.

Bagi para calon mahasiswa, penting untuk mempertimbangkan dengan matang pilihan jurusan dan kesiapan finansial sebelum memutuskan untuk mengambil jurusan dengan biaya tinggi.

Baca juga: Daftar Biaya Kuliah Top 5 PTKIN di Indonesia, Ada Kampus Impianmu?

Dikutip dari laman Skolla, berikut ini 10 jurusan kuliah termahal di Indonesia yang menarik untuk diketahui oleh calon mahasiswa. Semoga informasi ini bermanfaat.

10Jurusan Kuliah Termahal di Indonesia

1. Kedokteran


Kedokteran merupakan salah satu jurusan yang dikenal dengan biaya kuliah yang sangat tinggi. Di universitas-universitas terkemuka, biaya kuliah untuk jurusan ini bisa mencapai ratusan juta rupiah per tahun.

Baca juga: Negara dengan Biaya Kuliah Termahal di Dunia, Indonesia Nomor Berapa?

Bahkan, biaya UKT jurusan Kedokteran mencapai Rp24.700.000 per semester. Bisa jadi, jika ditambah dengan uang pangkal, biaya hidup, dan lain-lain, kamu membutuhkan uang ratusan juta per semester untuk bisa bertahan dan lulus dari jurusan yang satu ini.

2. Kedokteran Gigi


Seperti jurusan Kedokteran, Kedokteran Gigi juga membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Selain biaya kuliah, mahasiswa juga harus mengeluarkan biaya untuk alat-alat kedokteran gigi yang mahal, praktek klinik, serta bahan-bahan praktek yang harganya tinggi. Biaya kuliah rata-rata per semester untuk Kedokteran Gigi itu sebesar Rp24,7 juta.

3. Kedokteran Hewan


Sama halnya dengan jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi, Kedokteran Hewan juga menjadi salah satu jurusan dengan biaya kuliah termahal di Indonesia.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1380 seconds (0.1#10.140)