Bukan Hanya Masa Depan Terjamin, Ini 15 Keuntungan Daftar CPNS 2024

Selasa, 20 Agustus 2024 - 13:00 WIB
loading...
Bukan Hanya Masa Depan...
Anggapan bahwa PNS menjadi salah satu profesi paling diidamkan di Indonesia bukanhal hal yang salah mengingat sederet keutungan yang didapat saat menjadi PNS. Foto ilustrasi/Ist
A A A
JAKARTA - Ini 15 keuntungan mendaftar CPNS 2024 . Masa depan terjamin bukan satu-satunya keutungan menjadi PNS. Anggapan bahwa PNS menjadi salah satu profesi paling diidamkan di Indonesia bukanlah hal yang salah.

Setidaknya jika melihat sederet keuntungan yang bakal diraih seseorang berlabel PNS di Tanah Air saat ini. Apa saja keuntungan mendaftar CPNS 2024? Untuk membahasnya, artikel kali ini menguliknya, simak ya!

15 Keuntungan Daftar CPNS 2024


1. Gaji stabil


Saat kamu mendaftar CPNS, tentunya wajib mendaftar dan memilih formasi di laman sscasn.bkn.go.id. Pada formasi yang kamu pilih, akan ada rincian gaji yang kamu terima. Gaji ini stabil, bahkan bisa meningkat setiap tahun.

2. Tunjangan banyak


Tunjangan CPNS meliputi tunjangan profesi, kinerja, bahkan ada tunjangan keluarga. Cukup banyak tunjangan yang diterima sehingga kamu bisa melakukan saving atau menabung.

3. Mendapatkan pensiun


Semua CPNS atau PNS, berhak mendapatkan pensiun. Jaminan hari tua ini salah satu alasan terbanyak mengapa masyarakat memilih PNS sebagai karier impian.

4. Mendapatkan gaji ke-13


Keuntungan daftar CPNS 2024 lainnya, misalnya gaji ketiga belas. gaji ke-13 adalah wujud dari apresiasi yang diberikan oleh pemerintah kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) yang selama ini telah menunjukkan kinerjanya bagi negara. Nominalnya satu kali gaji bulanan.

5. Jenjang karier yang jelas


Semua PNS berkesempatan naik karier. Bahkan karier ini bisa dinaikkan tak hanya dari segi usiamu namun kinerja yang terekam dalam instansimu.


6. Bisa dapat fasilitas kendaraan atau rumah dinas


Bagi beberapa PNS yang menduduki posisi setara kepala bidang, kepala seksi, sekretaris, dan posisi ke atas, biasanya bisa mendapatkan fasilitas kendaraan seperti sepeda motor dan mobil. Staf yang bekerja di desa, juga sering mendapatkan fasilitas sepeda motor untuk mobilisasi saat bekerja. Sementara untuk rumah, hanya untuk beberapa golongan PNS saja.

7. Kemudahan mengajukan pinjaman ke bank


Bank memiliki banyak program yang memudahkan PNS untuk mengajukan pinjaman. Salah satunya, KPR (Kredit Pemilikan Rumah). Bahkan pendaftaran dan proses pengajuan kredit oleh PNS bisa dibilang lebih lancar.

8. Dapat asuransi kesehatan


Setiap PNS berhak mendapatkan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial atau BPJS Kesehatan.

9. Bisa daftar beasiswa khusus PNS


Banyak beasiswa bagi PNS yang dibuka oleh pemerintah. Misalnya, Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI), Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), serta beasiswa yang dibuka Kominfo (Kementerian Komunikasi dan Informatika), BKN (Badan Kepegawaian Negara) yang dikhususkan bagi PNS.

10. Bisa kuliah S2 atau S3 tetapi tetap kerja


CPNS bisa tetap kuliah S2 atau S3 tanpa harus berhenti atau resign dari pekerjaan. Mereka yang lanjut kuliah, tentu tetap bekerja sebagai PNS dan masih berhak mendapatkan gaji. Bagi mereka yang berhasil lulus S2 dan S3 bisa mendapatkan kenaikan karier dan gaji.

11. Bisa pindah instansi atau lokasi kerja


Masing-masing instansi memiliki persyaratan perpindahan PNS yang berbeda. Rata-rata minimal 10 tahun bekerja baru bisa pindah lokasi kerja.

12. Jam kerja stabil


Jam kerja ASN di beberapa Pemerintah Daerah (Pemda) seperti Pemkot, Pemkab, Pemprov, punya jam kerja stabil setiap harinya. Misalnya mulai jam 07.30 hingga 16.00 WIB. Jadi ini termasuk keuntungan daftar CPNS 2024.

13. Hak libur dua hari setiap akhir pekan dan cuti


Berbeda dengan pegawai yang perusahaan swasta yang hari Sabtu dan Minggu kadang masuk kerja, PNS justru libur. Beberapa PNS mungkin saja ada yang Sabtu atau Minggu masuk. Tetapi kondisional atau tidak setiap Sabtu dan Minggu masuk.

Misalnya, Satpol PP, Dishub, yang mengawal Bupati, Wali Kota, sampai Gubenur. Sementara untuk hak cuti, lebih fleksibel dan lamanya cuti bisa lebih tiga hari atau bahkan maksimal lima hari.

14. Banyak pelatihan


Beberapa instansi seperti Kementerian, Pemda kadang membuka loka karya atau pelatihan kompetensi bagi CPNS.

15. Ada lomba skill


Banyak kementerian yang mengadakan lomba bagi PNS. Tujuannya, selain untuk adu unjuk skill atau kemampuan masing-masing PNS, sekaligus apresiasi bagi PNS itu sendiri.
(wyn)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1485 seconds (0.1#10.140)