Empat Doktor Baru Siap Perkuat Kualitas Akademik FEB UIN Jakarta

Rabu, 26 Agustus 2020 - 14:29 WIB
loading...
Empat Doktor Baru Siap Perkuat Kualitas Akademik FEB UIN Jakarta
Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UIN Jakarta kembali menambah beberapa dosen berpendidikan doktor. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UIN Jakarta kembali menambah beberapa dosen berpendidikan doktor . Penambahan ini diharap meningkatkan kualitas akademik yang ditawarkan FEB UIN Jakarta kepada para calon mahasiswa maupun mahasiswa fakultas sendiri. Selain itu, ini juga searah penguatan kontribusi FEB UIN Jakarta terhadap keilmuan ekonomi, terutama ekonomi syariah, di lingkungan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri.

Data FEB UIN Jakarta yang dikutip SINDOnews, Rabu (26/8), menyebutkan sepanjang dua bulan terakhir ini, empat orang dosennya berhasil merampungkan pendidikan doktor di rumpun keilmuan ekonomi syariah. Keempatnya, Dr. Endah Meiria M.Si, Dr. Faizul Mubarok MM, Adhitya Ginanjar Ph.D, dan Dr. Riris Aishah Prasetyowati. (Baca juga: Menristek: Pentingnya Kolaborasi Riset Ekonomi Berbasis Inovasi Teknologi )

Endah dan Faizul berhasil menamatkan pendidikan doktornya pada 28-29 Juli lalu dari Program Doktor Perbankan Syariah FEB UIN Jakarta. Menyusul Endah dan Faizul, Riris berhasil menamatkan pendidikan doktornya di program doktor yang sama. Sementara itu, Adhitya berhasil menyelesaikan pendidikan doktornya di International Institute of Islamic Banking and Finance, International Islamic University of Malaysia.

Endah yang mengajar di Program Studi Perbankan Syariah FEB UIN Jakarta menamatkan pendidikan doktornya dengan menulis dan mempertahankan disertasinya yang berjudul Model Pemasaran 4A Islami Pada Nasabah Advokasi Bank Syariah Indonesia. Ia meneliti dan menulis disertasinya di bawah bimbingan Prof. Dr. Ahmad Rodoni MM (Promotor) dan Prof. Dr. Euis Amalia M.Ag (Ko-Promotor). (Baca juga: 10 Rektor UIN Mengadu ke DPD, Kesulitan Buka Prodi Ilmu Sosial dan Sains )

Rekan Endah, Faizul berhasil menamatkan pendidikan doktor dengan menulis dan mempertahankan sidang disertasinya yang berjudul Dinamika Efisiensi dan Risiko Pembiayaan Perbankan Syariah Pada Sektor Riil. Ia meriset dan menulis disertasi di bawah bimbingan Prof. Dr. Abdul Hamid MS (Promotor) dan Prof. Dr. Mohammad Nur Rianto Al Arif M.Si (Ko-Promotor). Sehari-hari, Faizul mengajar di Program Studi Manajemen FEB UIN Jakarta.

Selanjutnya, Riris menulis disertasi berjudul Model Perilaku Kompetisi Perbankan Syariah: Pembuktian Empiris Industri Bank Umum Syariah Indonesia dan Malaysia. Dalam melakukan riset dan penulisan disertasinya, dosen Program Studi Perbankan Syariah ini dibimbing Prof. Dr. Abdul Hamid MS (Promotor) dan Dr. M. Arief Mufraini M.Si (Ko-Promotor). Sidang terbuka doktornya sendiri digelar Jumat 14 Agustus ini. (Baca juga: LPM UIN Sebut Sertifikasi Keahlian Penting bagi Lulusan Perguruan Tinggi )

Sementara itu, Adhitya menamatkan pendidikan doktornya setelah mempertahankan disertasinya dalam sidang yang digelar Selasa, 18 Agustus 2020, lalu. Dosen Program Studi Perbankan Syariah ini menulis disertasi berjudul Roles of Islamic Microfinance Institutions in improving Financial Inclusion in Indonesia: Empirical Evidence from Baitul Maal wa Tamwil di bawah bimbingan Assoc. Prof. Dr. Salina Hj Kassim dan Assoc. Prof. Dr. Adewale Abiden Adeyemi.

Dekan FEB UIN Jakarta, Prof. Dr. Amilin SE.Ak. M.Si menyambut gembira kehadiran empat orang doktor baru di lingkungan fakultas yang dipimpinnya. Ia berharap kehadiran mereka semakin memperkuat tradisi akademik rumpun ekonomi di lingkungan UIN Jakarta.

Selain itu, lanjutnya, penambahan jumlah dosen berpendidikan doktor juga sejalan dengan ekspektasi UIN Jakarta dalam mengembangkan tradisi keilmuan ekonomi sekaligus mencetak sumber daya ekonomi, terutama ekonomi syariah Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri. Saat ini, FEB UIN Jakarta sendiri terus memperkuat pengembangan keilmuan ekonomi dengan menawarkan pendidikan di program sarjana, magister, dan doktoral.

“Semoga dengan lulusnya para doktor baru ini bisa memacu motivasi dosen-dosen lainnya yang tengah melakukan studi lanjut untuk segera menyelesaikan penelitian disertasinya,” harapnya.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2741 seconds (0.1#10.140)