Mengenal Teks Diskusi, 10 Contoh Berbagai Tema dengan Struktur Penulisannya

Minggu, 22 September 2024 - 16:30 WIB
loading...
Mengenal Teks Diskusi,...
Teks diskusi merupakan sebuah rangkaian kata yang memiliki struktur dan tata bahasa tertentu yang dapat disusun secara tulisan maupun lisan. Foto/Freepik.
A A A
JAKARTA - Teks diskusi merupakan sebuah rangkaian kata yang memiliki struktur dan tata bahasa tertentu yang dapat disusun secara tulisan maupun lisan. Berikut ini 10 contohnya berbagai tema.

Sedangkan, menurut Mulyadi (2015), teks diskusi adalah teks yang berisi paparan suatu permasalahan, perbedaan pendapat yang terjadi, serta terdapat penyelesaian yang jadikan sebagai jalan keluar dari perbedaan pendapat yang ada dalam teks tersebut.

Baca juga: Teks Diskusi: Pengertian, Struktur, dan Contoh Penulisannya

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), teks diskusi bertujuan untuk mencari jalan keluar dan mencari kesepakatan dalam sebuah isu perdebatan.

Berikut adalah 10 Contoh Teks Diskusi Berbagai Tema Beserta Strukturnya

1. Contoh Teks Diskusi tentang Deforestasi Hutan Kalimantan


Pendahuluan dan Isu:

Deforestasi yang terjadi di hutan Kalimantan telah menjadi sorotan dunia, karena menimbulkan keprihatinan terhadap dampak yang terjadi. Dalam diskusi ini, kita akan membahas alasan mengapa deforestasi di hutan Kalimantan menjadi isu yang mendesak dan upaya langkah yang diambil untuk menjaga keberlangsungan dari hutan tersebut.

Rangkaian Argumen:

Pertama, deforestasi di hutan Kalimantan memiliki keanekaragaman flora dan fauna, tentunya adanya deforestasi akan mengganggu ekosistem yang terjadi di dalam hutan tersebut. Karena itu, pentingnya literasi akan lingkungan supaya memahami konsekuensi jangka panjang yang akan terjadi.

Baca juga: 5 Contoh Teks Identifikasi Masalah dalam Penelitian, Bisa Jadi Referensi Belajar

Analisis dan Refleksi:

Deforestasi juga dapat memungkinkan hilangnya salah satu paru-paru oksigen yang berakibatkan bertambahnya polusi udara dan berdampak pada gangguan kesehatan masyarakat.
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2904 seconds (0.1#10.140)