Gelar Bimtek, Majelis Masyayikh Berkomitmen Tingkatkan Kualitas Pendidikan Pesantren

Jum'at, 27 September 2024 - 07:05 WIB
loading...
A A A
Gus Rozin juga menyoroti peran penting Bimtek sebagai sarana bertukar ide dan praktik terbaik dalam mengimplementasikan standar mutu yang sesuai dengan konteks masing-masing pesantren.

“Setiap Ma’had Aly memiliki kekhasan dan tradisi sendiri. Melalui Bimtek ini, kita ingin memastikan bahwa sistem penjaminan mutu yang diterapkan tetap fleksibel dan dapat mengakomodasi keberagaman tersebut,” lanjutnya.

Melalui Bimtek angkatan 1 ini, Majelis Masyayikh berharap upaya ini akan berkontribusi pada peningkatan kualitas pendidikan di pesantren dan melahirkan generasi ulama yang tidak hanya cakap secara intelektual, tetapi juga memiliki komitmen kuat terhadap perbaikan sosial.

Gus Rozin juga menekankan bahwa keberhasilan sistem penjaminan mutu ini akan sangat bergantung pada komitmen dari semua pihak terkait, terutama para pimpinan Pesantren dan Dewan Masyayikh.

"Kami dari Majelis Masyayikh siap mendukung penuh, tetapi implementasinya harus dilakukan secara kolektif dengan komitmen yang tinggi dari setiap lembaga. Ini visi besar pesantren sebagai perwujudan dari UU No.18 2019 yang perlu kita kawal bersama-sama sebagai rumah besar bersama. Selama dua tahun ini Majeslis Masyayikh berjuang keras karena ekosistem pesantren ini memiliki beban amanah yang besar," tandasnya.

Melalui kegiatan ini, Gus Rozin berharap Pesantren, khususnya Ma’had Aly, dapat semakin berkembang dan mampu bersaing di kancah global. "Kami yakin, Pesantren memiliki potensi besar untuk berkontribusi dalam pendidikan dan pembangunan karakter bangsa. Dengan peningkatan mutu pendidikan yang berkelanjutan, Ma’had Aly bisa menjadi model pendidikan Islam yang unggul, tidak hanya di Indonesia, tetapi juga di dunia internasional," tutupnya.

Acara ini juga melibatkan sejumlah narasumber seperti Dr. KH. Nur Hannan, Lc., M.H.I. dan Dr. KH. Nurul Mubin, M.S.I., yang memberikan paparan mengenai sistem penjaminan mutu internal dan eksternal Ma’had Aly.

Adanya kegiatan Bimtek ini diharapkan pesantren di seluruh Indonesia dapat terus berinovasi dan menjaga standar mutu pendidikan tinggi jenjang Ma'had Aly demi kemajuan pendidikan pesantren di tanah air.
(wyn)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0937 seconds (0.1#10.140)