Riwayat Pendidikan Letkol Untung Pemimpin Pasukan G30S/PKI, Lulusan Terbaik Akmil

Senin, 30 September 2024 - 09:00 WIB
loading...
Riwayat Pendidikan Letkol...
Pemimpin pasukan G30S/PKI Letkol Untung Syamsuri pernah menjadi lulusan terbaik Akademi Militer di Semarang serta seangkatan dengan mantan Pangab LB Moerdani. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini riwayat pendidikan Letkol Untung Syamsuri yang memimpin gerakan G30S/PKI. Letkol Untung adalah sosok yang disebut sebagai pemimpin pasukan Gerakan 30 September 1965 (G30S) yang memiliki peran besar dalam peristiwa pemberontakan G30S/PKI.

Siapa sebenarnya pemimpin pasukan Tjakrabirawa yang terlibat dalam peristiwa tragedi G30S/PKI itu? Artikel kali ini akan membahas riwayat pendidikan Letkol Untung, simak ya!

Riwayat Pendidikan Letkol Untung, Pemimpin Pasukan G30S/PKI


Mengutip dari situs Sumber Belajar Kemdikbud, Letnan Kolonel atau Letkol Untung adalah Komandan Batalyon I Resimen Tjakrabirawa. Letkol Untung disebut sebagai sosok yang memimpin Gerakan 30 September 1965 (G30S).

Sosok Letkol Untung merupakan orang yang berperan besar dalam meletusnya peristiwa pemberontakan G30S/PKI pada tanggal 30 September 1965.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut riwayat pendidikan Letkol Untung


• Lahir di Kedungbajul, Kebumen Jawa Tengah pada 3 Juli 1926.

• Lulusan terbaik Akademi Militer di Semarang

• Saat bersekolah di Akademi Militer, Letkol Untung bersaing dengan Leonardus Benyamin Moerdani.

• Setelah lulus dari Akademi Militer, nama Letkol Untung berubah dari Kusmindar alias Kusman menjadi Untung

• Letkol Untung juga pernah terlibat dalam peristiwa PKI Madiun pada 18 September 1948

Pada masa pendidikan, dia bersaing dengan Benny Moerdani, perwira muda yang sangat menonjol dalam lingkup RPKAD. Mereka berdua sama-sama bertugas dalam operasi perebutan Irian Barat.

Untung merupakan salah satu anak buah Soeharto yang dipercaya menjadi Panglima Mandala. Untung dan Benny tidak lebih satu bulan berada di Irian Barat, karena gencatan senjata pada 1962.

Sebelum ditarik ke Resimen Cakrabirawa, Untung pernah menjadi Komandan Batalyon 454/Banteng Raiders yang berbasis di Srondol, Semarang. Batalyon ini memiliki kualitas dan tingkat legenda yang setara dengan Yonif Linud 330/Kujang dan Yonif Linud 328/Kujang II.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1331 seconds (0.1#10.140)