5 Jurusan Kuliah Favorit yang Lulusannya Banyak Diterima Kerja di Pertamina, Segini Gajinya

Senin, 30 September 2024 - 15:19 WIB
loading...
5 Jurusan Kuliah Favorit...
Teknik Mesin menjadi salah satu jurusan kuliah yang lulusannya banyak diterima kerja di Pertamina. Foto ilustrasi/Ist
A A A
JAKARTA - Ini info 15 jurusan kuliah favorit yang lulusannya banyak diterima kerja di Pertamina. Bekerja di perusahaan besar seperti Pertamina tentu menjadi impian yang diidam-idamkan oleh banyak orang.

Hanya saja, tidak semua lulusan perguruan tinggi berpeluang besar diterima bekerja di perusahaan plat merah yang mengurusi perminyakan tersebut. Artikel kali ini akan membahas 5 jurusan kuliah favorit yang lulusannya banyak diterima kerja di Pertamina, simak ya!

5 Jurusan Kuliah Favorit yang Lulusannya Banyak Diterima Kerja di Pertamina

1. Teknik Mesin


Teknik mesin menjadi salah satu jurusan favorit yang lulusannya sangat dicari oleh Pertamina. Sebagai perusahaan energi yang mengelola infrastruktur besar seperti kilang minyak dan pipa gas, Pertamina memerlukan insinyur teknik mesin untuk memastikan semua peralatan industri berfungsi dengan baik.

Lulusan teknik mesin bertanggung jawab dalam perancangan, pengoperasian, dan pemeliharaan mesin-mesin yang digunakan dalam berbagai proses eksplorasi, produksi, dan distribusi energi. Dengan keahlian ini, lulusan teknik mesin memiliki posisi penting dalam menjaga kelangsungan operasional Pertamina.

2. Teknik Kimia


Teknik kimia juga menjadi salah satu jurusan dengan peluang karier yang cerah di Pertamina. Lulusan teknik kimia banyak terlibat dalam proses pengolahan minyak dan gas, terutama di sektor hilir yang melibatkan pengolahan minyak mentah menjadi produk-produk yang siap digunakan, seperti bahan bakar dan pelumas.



Selain itu, mereka juga berperan dalam inovasi produk dan pengembangan teknologi ramah lingkungan. Dasar ilmu yang kuat dalam memahami reaksi kimia dan proses industri, membuat lulusan dari Teknik Kimia sangat dibutuhkan di perusahaan sektor energi seperti Pertamina.

3. Teknik Industri


Pertamina membutuhkan lulusan teknik industri untuk mengelola efisiensi operasional dan produktivitas perusahaan. Lulusan teknik industri memiliki keahlian dalam merancang, mengelola, dan mengoptimalkan sistem produksi yang melibatkan manusia, mesin, dan material.

Di Pertamina, lulusan teknik industri dapat berkontribusi dalam perencanaan dan pengendalian produksi, manajemen logistik, serta evaluasi dan pengembangan proses kerja.

4. Administrasi dan Manajemen Bisnis


Tidak hanya bidang teknis, Pertamina juga memerlukan lulusan yang ahli dalam administrasi dan manajemen bisnis. Pertamina sebagai perusahaan multinasional membutuhkan manajer yang mampu menjalankan operasional bisnis dengan efektif, termasuk merumuskan strategi bisnis, mengelola anggaran, serta merancang kebijakan untuk mendukung pertumbuhan perusahaan.
Oleh karena itu, lulusan administrasi dan manajemen bisnis turut memiliki peran penting di Pertamina.

5. Akuntansi


Jurusan akuntansi juga memiliki peluang besar di Pertamina. Sebagai perusahaan besar yang bergerak di sektor energi, Pertamina memerlukan pengelolaan keuangan yang sangat teliti dan akurat.

Lulusan akuntansi bekerja untuk memastikan laporan keuangan sesuai dengan standar, memantau aliran dana, serta memastikan kepatuhan perusahaan terhadap regulasi keuangan yang berlaku.

Perkiraan Rincian Gaji Karyawan Pertamina


Engineer: Rp8,89 juta - Rp21,4 juta

Reservoir Engineer: Rp21,84 juta - Rp32,74 juta

Chief Supply Chain: Rp63,59 juta - Rp68,97 juta

Manager IT Solution: Rp57,5 juta - Rp62,5 juta

Engineering Manager: Rp55,5 juta-Rp59,9 juta

Pengawas HSE (HSE Supervisor): Rp24,16 - 26,3 juta

Pegawai magang bidang HSE (Health, Safety and Environement): Rp5,35-Rp5,77 juta

Administrasi: Rp19,4 juta - Rp21,07 juta. Staf akuntansi: Rp9,6 juta - Rp10,5 juta.

HRD: Rp12,8 juta - Rp13,8 juta.

Customer Service: Rp3,35 juta - Rp3,64 juta.

Pustakawan (Librarian): Rp4,9 juta - Rp5,2 juta.

Pekerja kilang: Rp14 juta - Rp26 juta.

Petugas SPBU: Rp1,9 juta - Rp5,1 juta.

Pegawai magang: Rp1,76 juta - Rp3,07 juta.
(wyn)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1230 seconds (0.1#10.140)