Besok Peringatan Hari Guru Sedunia, Apa Bedanya dengan Hari Guru Nasional (HGN)?

Jum'at, 04 Oktober 2024 - 17:36 WIB
loading...
Besok Peringatan Hari...
Peringatan Hari Guru Sedunia 2024 jatuh pada Sabtu, 5 Oktober 2024. Foto/Dok/BKHM.
A A A
JAKARTA - Hari Guru Sedunia akan diperingati besok, Sabtu (5/10/2024). Publik pun bertanya-tanya apa bedanya dengan peringatan Hari Guru Nasional (HGN).

Hari Guru Sedunia pada tahun ini akan mengambil tema Valuing Teacher Voices: Towards a New Social Contract for Education. Dikutip dari laman Unesco, perayaan Hari Guru Sedunia 2024 akan menekankan peran penting yang dimainkan guru dalam membentuk masa depan pendidikan dan kebutuhan mendesak untuk memasukkan perspektif mereka ke dalam kebijakan pendidikan dan proses pengambilan keputusan.

Baca juga: Sejarah Hari Guru Sedunia yang Diperingati Setiap 5 Oktober

Peringatan Hari Guru Sedunia 2024 akan dimulai dengan upacara pembukaan yang dipimpin oleh Direktur Jenderal UNESCO, yang menampilkan pesan-pesan dari lembaga-lembaga yang ikut serta dalam pertemuan tersebut: Organisasi Buruh Internasional (ILO), UNICEF dan Education International.

Baca juga: Interaksi Sosial Antara Siswa-Guru di Kelas tak Tergantikan oleh Teknologi

Diskusi ini akan menekankan pentingnya partisipasi guru dalam proses pengambilan keputusan dan perlunya menciptakan profesi guru yang bermartabat dan dihormati.

Mengakhiri perayaan hari itu, UNESCO akan menjadi tuan rumah pemutaran perdana film Apprendre, yang sebelumnya ditayangkan di Festival Film Cannes.

Baca juga: Mendikbud Tegaskan Peran Guru Tidak Hanya Sebatas Mengajar

Perbedaan Hari Guru Sedunia dan Hari Guru Nasional

Hari Guru Sedunia


Dikutip dari laman Kemendikbudristek, Hari Guru Sedunia diresmikan oleh UNESCO pada 5 Oktober untuk memperingati penandatanganan rekomendasi Organisasi Buruh Internasional (ILO) dan UNESCO mengenai status guru di tahun 1966.

Rekomendasi dari kedua organisasi dunia itu menjadi tolak ukur terkait hak dan terkait hak dan tanggung jawab, standar untuk persiapan awal serta pendidikan lanjutan, perekrutan, pekerjaan, dan kondisi belajar mengajar bagi guru.

Baca juga: Hari Guru Sedunia, Ini Peran Vital Guru yang Mulai Dirasakan Selama Pandemi

Rekomendasi tersebut juga memberikan guru di seluruh dunia sebuah instrumen yang mendefinisikan tanggung jawab dan menegaskan hak-hak mereka. Meski rekomendasi tersebut sudah diterbitkan sejak tahun 1966, namun UNESCO baru menetapkan tanggal 5 Oktober sebagai Hari Guru Sedunia pada tahun 1994.

Adapun tujuan perayaan Hari Guru Sedunia adalah untuk memusatkan perhatian atas kontribusi dan prestasi guru. Selain itu juga sebagai momentum untuk menyoroti keprihatinan dan prioritas guru dalam hal pendidikan.

Hari Guru Nasional


Sementara Hari Guru Nasional akan dirayakan pada 25 November. Makna peringatan Hari Guru Nasional adalah memberikan apresiasi dan penghormatan kepada guru atas dedikasinya dalam pembelajaran.

Dilihat dari sejarahnya, peringatan Hari Guru Nasional bertepatan dengan berdirinya Persatuan Guru Republik Indonesia ( PGRI ) pada tanggal 25 November 1945. Sebelumnya, pada tahun 1912, organisasi ini bernama PGHB (Persatuan Guru Hindia Belanda). Anggotanya berisikan kepala sekolah, guru desa, guru bantu, hingga perangkat sekolah lainnya.

Pada tahun 1932, PGHB mengubah namanya menjadi Persatuan Guru Indonesia (PGI). Pada saat itu, Belanda sebagai negara penjajah, tidak menerima unsur nama “Indonesia” dalam PGI karena dianggap sebagai sebuah ancaman untuk mereka. Dengan merubah namanya, PGI menjadi semakin nasionalis dan perjuangan kemerdekaan Indonesia semakin kuat bersama guru.

Pada jaman penjajahan Jepang, PGI dilarang untuk melakukan aktivitas. Tidak lama setelah proklamasi kemerdekaan, PGI menggelar Kongres Guru Indonesia yang pertama di Surakarta, Jawa Tengah pada tanggal 24 – 25 November 1945. Kongres tersebut membuahkan hasil, salah satunya adalah menghapuskan perbedaan suku, ras, agama, politik, dan lainnya agar bergabung menjadi Indonesia seutuhnya dalam wadah PGRI.

Akhirnya, melalui Keputusan Presiden No. 8 Tahun 1994 ditetapkan tanggal 25 November sebagai Hari Guru Nasional.

Demikian perbedaan Hari Guru Sedunia yang jatuh pada tanggal 5 Oktober dan Hari Guru Nasional yang diperingati setiap 25 November. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca setia SINDOnews.
(nnz)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1351 seconds (0.1#10.140)