Mendikbud Tegaskan Peran Guru Tidak Hanya Sebatas Mengajar

Jum'at, 09 Oktober 2020 - 03:08 WIB
loading...
Mendikbud Tegaskan Peran Guru Tidak Hanya Sebatas Mengajar
Sejumlah murid mengikuti proses belajar mengajar dengan tatap muka di sekolah. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Dalam peringatan Hari Guru Sedunia yang jatuh setiap 5 Oktober, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim menuturkan bahwa peran guru tidak sebatas mengajar. Para guru pun memiliki peran untuk mensejahterakan anak didik mereka.

“Hari guru sedunia tahun ini perlu kita maknai secara khusus. Bagaimana peran guru adalah sangat mulia, para guru tidak hanya memastikan kelangsungan pembelajaran, tapi juga berperan lebih dalam mendukung kesehatan mental, dan kesejahteraan murid mereka,” kata Mendikbud pada Peringatan Hari Guru Dunia tahun 2020 melalui streaming Youtube Kemendikbud, Kamis (8/10/2020). (Baca juga: Mendikbud Bagikan Resep Sukses kepada Para Guru Selama Hadapi Pandemi )

Nadiem mengatakan, para guru harus bekerja secara kolektif, yakni menemukan solusi atas tantangan yang tengah dihadapi. “Para guru tidak hanya gigih bekerja sendiri, tapi juga bergerak secara kolektif demi menemukan solusi atas tantangan, demi menghasilkan inovasi belajar mengajar yang memudahkan,” jelasnya.

Nadiem mengakui bahwa kemampuan para pendidik telah meningkat dalam kondisi krisis seperti sekarang ini. Akan tetapi, dia berharap agar mereka dapat tetap berkreasi dan berinovasi menciptakan pengajaran yang maksimal.

“Sekarang kita perlu berpikir jauh, melompat dari masa pandemi. Pandemi ini telah memberikan hikmah yang begitu berharga, sehingga ketika nanti ada tantangan besar lagi, kita sudah jauh lebih siap menghadapi krisis,” tutur Nadiem. (Baca juga: Penting! Ini 3 Kunci Dongkrak Motivasi Belajar Anak Selama Pandemi )

Selain itu, mantan bos Gojek ini bisa memanfaatkan pandemi ini sebagai uji coba praktik pendidikan atau laboratorium bersama untuk bisa menemukan inovasi pendidikan yang lebih matang.

“Karena sekarang sudah saatnya kita menata ulang pendidikan. Sekarang saatnya kita melihat lebih jauh apa yang sebenarnya paling dibutuhkan para guru dan murid, apa yang dibutuhkan bangsa ini agar mampu melakukan lompatan-lompatan ke depan,” tutup Nadiem.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1546 seconds (0.1#10.140)