Study in UK akan Hadirkan Pilihan Beasiswa Bergengsi ke Inggris dan Irlandia

Rabu, 09 Oktober 2024 - 09:46 WIB
loading...
Study in UK akan Hadirkan...
Study in UK (SI-UK) Indonesia umumkan kehadiran kembali Study in UK Expo 2024 dan Study in UK Roadshow 2024 gelombang ke-2. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Study in UK (SI-UK) Indonesia umumkan kehadiran kembali Study in UK Expo 2024 dan Study in UK Roadshow 2024 gelombang ke-2. Dalam upaya menjangkau lebih banyak lagi pelajar Indonesia, acara kali ini siap dilaksanakan secara eksklusif di dua kota, Jakarta dan Surabaya.

Pada gelaran Study in UK Expo 2024, pengunjung bisa berkonsultasi pada dengan sejumlah perwakilan universitas asal Inggris Raya, yang bisa diakses melalui program beasiswa LPDP .

Baca juga: Mau Kuliah ke Inggris dan Irlandia dengan Beasiswa LPDP? Cari Infonya di Pameran Ini

Beberapa universitas tersebut antara lain University College London (UCL), University of Edinburgh, King's College London (KCL), University College Dublin (UCD), University of Glasgow, University of Birmingham, dan University of Nottingham, yang dikenal karena reputasi globalnya sebagai pusat pendidikan berkualitas dan riset kelas dunia.

Tidak hanya itu, semarak Study in UK Expo 2024 dari Study in UK (SI-UK) Indonesia juga masih menghadirkan kesempatan bagi pelajar Indonesia untuk mengetahui lebih lanjut tentang Chevening Scholarships dan British Council GREAT Scholarship. Keduanya menawarkan dukungan finansial serta akses ke berbagai pengalaman akademik, profesional, serta budaya yang eksklusif.

Baca juga: Kedubes Hungaria Gelar Stipendium Hungaricum Scholarship and Career Expo di Jakarta

Chevening Scholarships merupakan program beasiswa unggulan dari pemerintah UK. Program ini menawarkan dukungan finansial secara penuh kepada calon pemimpin bangsa untuk melanjutkan pendidikan magister selama satu tahun di lebih dari 150 universitas di UK.

Kesempatan mengikuti program Chevening Scholarships tahun ini telah terbuka (sejak 6 Agustus 2024) dan akan berlangsung hingga 5 November 2024 mendatang.

Dominic Jermey, Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor-Leste mengaku senang bahwa para sarjana Chevening menggunakan pengetahuan dan keterampilan yang mereka peroleh saat belajar di Inggris untuk mendorong perubahan positif jangka panjang ketika mereka kembali ke Indonesia.

Menurutnya, banyak dari mereka yang telah menjadi pemimpin yang berhasil dan penggiat perubahan, bekerja di bidang keahlian mereka masing-masing untuk membantu memastikan bahwa dunia menjadi tempat yang lebih baik untuk hidup, bekerja, dan berkembang.

Oleh karena itu, katanya, seiring ulang tahun ke-75 hubungan diplomatik Inggris-Indonesia tahun ini, pihaknya berkomitmen untuk akan memperkuat kemitraan di bidang pendidikan, penelitian dan teknologi serta akses digital.

"Sebagai negara yang negara yang aman dan ramah, Inggris memiliki reputasi yang sudah lama dalam hal keterbukaan dan toleransi. Komunitas multikultural kami adalah bagian dari apa yang membuat Inggris hebat dan mahasiswa internasional termasuk dari Indonesia sangat diterima di Inggris. Jadi tunggu apa lagi?," katanya, melalui siaran pers, Rabu (9/10/2024).

Tahun ini, pemerintah Inggris meluncurkan skema baru yaitu Chevening ASEAN Scholarships, yang ditujukan untuk negara-negara anggota ASEAN dan Timor-Leste. Ini akan menambah alokasi beasiswa yang lebih besar untuk Indonesia, termasuk melalui kemitraan yang sekarang dimiliki bersama dengan Prudential Indonesia, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), NAMA Foundation, serta BP Indonesia.

British Council GREAT Scholarship sendiri merupakan sebuah program beasiswa untuk siswa/i yang ingin menempuh pendidikan tinggi mereka di Inggris Raya, dengan disiplin ilmu seperti teknik, ilmu sosial, ataupun seni dan budaya.

Beasiswa ini mencakup sebagian besar biaya kuliah serta memberikan kesempatan kepada penerima beasiswa untuk berpartisipasi dalam berbagai kegiatan akademis dan profesional yang diselenggarakan oleh universitas dan mitra British Council.

Ivy Kamadjaja, Konsul Kehormatan Kerajaan Inggris untuk Jawa Timur, mengatakan, ia menyaksikan sendiri dan mengapresiasi komitmen UK dalam menyediakan pendidikan berkelas dunia dan mendorong inovasi.

Dia mengatakan, UK menawarkan lingkungan akademik serta kesempatan mendapatkan pengalaman yang kaya dan beragam, untuk mempersiapkan generasi muda mencapai kesuksesan di kancah global. Hal inilah yang membuat UK masih akan terus menjadi destinasi pilihan favorit para pelajar.

"Tahun ini menandai 75 tahun hubungan diplomatik antara Inggris dan Indonesia. Saya percaya mobilitas pelajar, kemitraan pendidikan, dan hubungan yang semakin erat antara masyarakat kita akan menjadi kunci keberhasilan yang lebih besar lagi kedepannya," katanya.

Study in UK Expo 2024 akan berlangsung di Hotel The Westin Jakarta pada Sabtu, 12 Oktober 2024, mulai pukul 13:00 WIB. Menghadirkan lebih dari 30 perwakilan universitas ternama dari Inggris Raya (UK) dan Irlandia, pameran ini terbuka bagi seluruh muda-mudi Tanah Air yang bercita-cita mengenyam pendidikan tinggi.

Ini termasuk para calon mahasiswa yang sedang mempersiapkan pendaftaran, menunggu hasil seleksi beasiswa LPDP pada bulan November 2024 serta bagi mereka yang berencana mendaftar untuk tahun ajaran Januari 2025. Akan hadir juga gelaran Study in UK Expo 2024 di kota Surabaya, diselenggarakan pada Minggu, 13 Oktober 2024, dari pukul 13:00 WIB, di Hotel JW Marriot.

Sementara itu, Study in UK Roadshow 2024 akan berlangsung di Jakarta dan Surabaya mulai tanggal 10 Oktober sampai 15 Oktober. Acara ini merupakan kolaborasi antara Study in UK (SI-UK) Indonesia dengan beberapa sekolah berkurikulum International Baccalaureate (IB) / Cambridge (A-Level) dan universitas swasta terkemuka di Indonesia.

Para siswa dan mahasiswa dari lokasi yang dikunjungi akan memiliki kesempatan berinteraksi langsung dengan konsultan pendidikan dari Study in UK (SI-UK) Indonesia dan perwakilan langsung dari universitas UK dan Irlandia untuk mengenal lebih lanjut mengenai kampus yang menarik perhatian mereka serta mendapatkan wawasan terkait program studi yang diminati.

Gianti Atmojo, Country Director Study in UK (SI-UK) Indonesia, mengatakan, pihaknya sangat antusias menghadirkan kembali Study in UK Expo 2024 dan Study in UK Roadshow 2024. Dengan kegiatan tahunan Study in UK (SI-UK) Indonesia yang juga terus berkembang, pihaknya berkomitmen untuk membuka akses yang lebih luas lagi bagi pelajar Indonesia untuk bisa explore peluang pendidikan di UK dan Irlandia.

"Acara ini bukan hanya mendekatkan universitas dan memberikan kesempatan konsultasi langsung, tetapi juga memastikan informasi yang tepat dan komprehensif serta membantu para pelajar dalam merencanakan masa depan akademik mereka dengan lebih matang," ujarnya.

Study in UK (SI-UK) Indonesia sebagai satu-satunya organisasi pendidikan tinggi Inggris cabang Indonesia yang mewakili seluruh universitas di UK, berkomitmen untuk terus memfasilitasi hal ini, dengan menjadi jembatan bagi pelajar Indonesia ke perguruan tinggi terkemuka di Inggris Raya.

Hal ini dilakukan dalam bentuk layanan pendampingan menyeluruh, dari memilih program studi dan universitas, pendaftaran, hingga bimbingan terkait persiapan akademik serta logistik keberangkatan.

“Kami mengajak semua pelajar Indonesia untuk hadir di Study in UK (SI-UK) Expo 2024 pada 12 Oktober mendatang. Konsultan kami siap dalam merencanakan masa depan pendidikan dengan menjelajahi berbagai program studi, dan memanfaatkan peluang beasiswa yang tersedia,” tutup Gianti.
(nnz)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2293 seconds (0.1#10.140)