7 Jurusan Kuliah Sesuai Hobi, Penting untuk Menunjang Karier

Sabtu, 19 Oktober 2024 - 10:02 WIB
loading...
7 Jurusan Kuliah Sesuai...
Ini daftar 7 jurusan kuliah yang berdasarkan hobi. Foto/Getty Images.
A A A
JAKARTA - Ini daftar 7 jurusan kuliah yang berdasarkan hobi. Perlu diketahui bagi calon mahasiswa untuk memasuki ke perguruan tinggi memilih jurusan kuliah sesuai dengan kesukaan atau hobi dan bakat minat yang dimiliki.

Ketertarikan kamu dalam menekuni hobi juga menunjukkan bahwa kamu berpengetahuan luas, dan aktivitas yang kamu ikuti mungkin menjadi faktor penentu untuk memilih jurusan kuliah merupakan langkah penting dalam merencanakan masa depan.

Baca juga: Jurusan Kuliah yang Dibutuhkan untuk Jadi Polisi, Cek Daftarnya!

Jika memilih jurusan sesuai bakat dan minat dan bukan karena ikut-ikutan, diharapkan mahasiswa akan menikmati proses perkuliahan hingga lulus dan mendapat gelar sarjana. Tidak hanya itu, menekuni hobi sesuatu hal yang mungkin dapat dipraktekkan sampai bekerja pada suatu bidang ilmu.

Baca juga: 5 Jurusan Kuliah yang Lulusannya Paling Laku di Era Industri 4.0, Cek Daftarnya

Kira-kira jurusan apa saja ya yang cocok sesuai dengan hobi? Simak ulasan lengkapnya disini yuk!

7 Jurusan Kuliah Sesuai Hobi

1. Hobi Memasak


Buat kalian yang menyukai kegiatan yang dilakukan dengan suka hati dan rasa senang dalam memasak atau mengolah makanan. Ternyata ada loh jurusan masak yang juga mempelajari bidang kuliner lainnya. Dengan berkembangnya teknologi, kamu jadi bisa belajar hal yang bukan sekadar masak doang.

Baca juga: 10 Prospek Kerja Lulusan Seni Rupa Murni dan Estimasi Gajinya, Nomor Berapa yang Cepat Balik Modal?

Jurusan yang menyukai hobi memasak terdapat Ilmu dan Teknologi Pangan, Gizi, Bisnis Kuliner, dan Pariwisata. Alasannya, kalian bisa mempelajari ilmu tentang makanan, nutrisi atau membuka usaha kuliner.

2. Hobi Membaca


Apakah kamu sering menghabiskannya bersama dengan buku-buku? Atau kamu mendapat panggilan kutu buku dari temanmu?. Bagi mereka yang gemar membaca, memilih jurusan kuliah yang sesuai dengan minat ini dapat membuka peluang untuk menjadikan hobi menjadi karier yang bermakna.

Jurusan yang dimaksud adalah Sastra, Ilmu Perpustakaan, Filsafat, dan Sejarah. Hal tersebut kalian dapat mempelajari mengenai dunia sastra, mengelola perpustakaan, pengetahuan yang luas mengenai sejarah berbagai negara, atau yang ingin menjadi ahli filsafat.

3. Hobi Menulis


Bagi kalian yang sangat tertarik dengan dunia kepenulisan dan ingin meningkatkan kemampuan menulis, sangat disarankan untuk mendaftar di jurusan-jurusan ini. Selain dapat meningkatkan kemampuan menulis, jika nantinya memang kamu berkeinginan untuk menjadi seorang penulis maka sejumlah jurusan bisa jadi pertimbangan dan referensi untuk meningkatkan skill menulis dan lebih berekspresi untuk menuangkan ide-ide kreatif lewat tulisan.

Jurusan tersebut ialah Sastra Indonesia, Jurnalistik, Komunikasi, dan Perfilman atau Teater. Kalian yang memilih jurusan yang menyukai hobi menulis, bisa mengembangkan kemampuan menulis atau berkarier sebagai penulis novel, jurnalis, dan content creator.

4. Hobi Traveling


Mungkin selama ini kalian berpikir kalau jurusan kuliah yang hobinya jalan-jalan cuma jurusan Pariwisata saja. Seperti diketahui, traveling kini menjadi salah satu kegiatan yang bisa kamu jadikan sebagai pelepas penat di tengah padatnya aktivitas sekolah maupun belajar yang melelahkan.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0766 seconds (0.1#10.140)