Cerita Uti, Angkatan Perdana Beasiswa LPDP dan Ilustrator Medis Pertama di Indonesia

Minggu, 27 Oktober 2024 - 08:35 WIB
loading...
Cerita Uti, Angkatan...
Uti Nilam Sari adalah salah satu penerima beasiswa LPDP angkatan perdana. Foto/LPDP.
A A A
JAKARTA - Uti Nilam Sari adalah salah satu penerima beasiswa LPDP angkatan perdana Berikut ini kisah Uti yang juga berprofesi sebagai ilustrator medis pertama di Indonesia.

Uti adalah seorang ilustrator medis, sebuah profesi yang mungkin satu dekade lalu tak pernah terbayangkan. Menjalani profesinya sekarang, Uti bahkan tak pernah bermimpi menjadi seorang dokter .

Meski ia adalah jebolan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), namun masuknya ia ke jurusan Kedokteran bukan karena keinginannya, melainkan permintaan orang tuanya. Hobinya dulu adalah menggambar dan desain.

Baca juga: Beasiswa LPDP ke Georgetown University Dibuka, Kuliah S2 Gratis untuk Calon Diplomat

Oleh karena tak sesuai passionnya itu, Uti pun menemui beberapa tantangan.

Contoh satu saja, Uti yang mempunyai tipe "perasa", tak sanggup membendung emosi dan energinya tatkala harus berinteraksi dengan pasien dan keluarganya yang keluar masuk RSCM. Tak jarang air mata pun tumpah menemani malam-malamnnya di kamar indekos.

Lalu bagaimana ia keluar dari tekanan emosional seperti itu?

“Tapi Alhamdulillah ketemu caranya. Karena aku itu sangat passionate di design and technology, ketika menjalani kuliah, aku suka kayak mengerjakan design itu secara for free sebenarnya, untuk menjaga kewarasan lah kira-kira seperti itu. If you know the application, ‘Photoshop’ tuh udah jadi kayak jalan ninja ku gitu lah kira-kira," katanya, dikutip dari laman LPDP, Minggu (27/10/2024).

Baca juga: Mendobrak Batas Anak Tukang Ukir: Ulfatun Nikmah, Lulusan SMK Raih Gelar Magister FEB UGM

Dari awalnya tak sesuai minat kuliah di jurusan Kedokteran, menemui berbagai pengalaman tak mengenakkan, namun dengan semangat tinggi dan dukungan penuh keluarga, perempuan berhijab yang dikenal ramah, perfeksionis, dan sat-set ini bisa lulus dari FKUI dengan predikat Cum Laude.

Punya Motivasi Ini untuk Meraih Beasiswa LPDP


Ketika menjadi asisten penelitian di RS Kanker Dharmais, Uti kerap tenggelam dalam keresahan, kebanyakan orang baru berobat ketika penyakitnya telah mengganas menggerogoti pertahanan tubuh.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3546 seconds (0.1#10.140)