Terima 10.142 Mahasiswa, Ini Pesan Rektor UPI Saat Membuka Mokaku

Selasa, 01 September 2020 - 13:34 WIB
loading...
Terima 10.142 Mahasiswa, Ini Pesan Rektor UPI Saat Membuka Mokaku
Perwakilan mahasiswa baru mengikuti Masa Orientasi Kampus dan Kuliah Umum (Mokaku) secara daring dan luring di Kampus UPI, Kota Bandung, Selasa (1/8). Foto/Arif Budianto
A A A
BANDUNG - Rektor Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung M Solehuddin meminta, masa pandemi tak menjadi halangan bagi mahasiswa untuk maju dan terus meraih pendidikan secara maksimal.

Hal itu disampaikan Rektor UPI saat mengawali Masa Orientasi Kampus dan Kuliah Umum (Mokaku) secara daring dan luring di Kampus UPI, Jalan Setiabudi, Kota Bandung, Selasa (1/8/2020). (Baca juga: Selama Kuliah Makan Pakai Keripik, Lulus Cum Laude dan Dapat Beasiswa S2 )

"Masa pandemik bukan merupakan halangan dan rintangan besar untuk menciptakan manusia Indonesia yang unggul dalam meraih daya saing untuk menciptakan kemajuan bangsa. Keunggulan inilah yang menjadi nilai utama dalam membangun generasi emas Indonesia yang cerdas dan berkarakter," kata Solehuddin.

Kendati menjalani proses pendidikan dengan keterbatasan, pihaknya mengajak semua sivitas akademika UPI, khususnya kepada para mahasiswa baru, untuk menghadapi pandemi COVID-19 dengan bijak. Serta memanfaatkan momen ini untuk beradaptasi dan menggapai harapan baru yang lebih baik, baik dalam bidang akademik maupun non-akademik. (Baca juga: 3 Mahasiswa UNS Menangi Innovation Concrete Competition )

Dia menyadari, mahasiswa baru yang diterima di UPI adalah generasi milenial yang memiliki karakter dan cara pandang tersendiri yang berbeda dengan generasi sebelumnya. Yaitu generasi yang diyakini memiliki kemampuan dan fleksibilitas dalam menghadapi berbagai tantangan hidup.

Sementara itu, tahun ini UPI menerima 10.142 mahasiswa baru. Puluhan ribu mahasiswa itu tersebar di berbagai kampus UPI di Jawa Barat. Mokaku diikuti 15 mahasiswa sebagai perwakilan dari 8 Fakultas, 5 UPI Kampus daerah, dan 2 mahasiswa unsur Sekolah Pascasarjana. Mokaku sendiri dilaksanakan selama 3 hari, mulai 1-3 September 2020 di Gedung Ahmad Sanusi (BPU).

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang diselenggarakan serentak bersamaan kampus daerah. Yaitu Cibiru, Tasikmalaya, Sumedang, Purwakarta, dan Serang. (Baca juga: Gaji Rp150.000, Guru Honorer Ini Rela Ngajar Keliling ke Rumah Siswa )

Ketua pelaksana Mokaku UPI 2020 Suwatno mengatakan, setiap tahun UPI menerima mahasiswa baru tidak kurang dari 10.000-an yang tersebar pada 8 fakultas, 5 kampus daerah, serta Sekolah Pascasarjana. Sebagai upaya untuk memfasilitasi mahasiswa baru mempercepat proses adaptasi terhadap lingkungan yang baru dan memahami strategi pembelajaran.

“Masa ini dapat dijadikan titik tolak inisiasi pembinaan idealisme, menanamkan dan memperkuat rasa cinta tanah air, dan kepedulian terhadap lingkungan, juga dalam rangka menciptakan generasi yang berkarakter religius, nasionalis, mandiri, gotong royong dan berintegritas”, kata Suwatno.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4251 seconds (0.1#10.140)