Hebat, Mahasiswa Ini Rancang Pengaman Motor Anti Maling dengan Android

Rabu, 02 September 2020 - 11:32 WIB
loading...
Hebat, Mahasiswa Ini Rancang Pengaman Motor Anti Maling dengan Android
Mahasiswa Prodi Teknik Informatika Untag Surabaya, Yanis Fajar Dermawan, merancang sistem pengaman motor dengan android melalui Bluetooth dan GPS. Foto/SINDOnews/Ali Masduki
A A A
SURABAYA - Mahasiswa Program Studi (Prodi) Teknik Informatika Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya, Yanis Fajar Dermawan, merancang sistem pengaman motor dengan android melalui Bluetooth dan GPS. Sistem pengaman yang terintegrasi tersebut untuk meminimalisir terjadinya pencurian kendaraan bermotor.

Yanis menuturkan, sistem keamanan merupakan salah satu hal yang saat ini cukup dibutuhkan. Terlebih, tingkat kriminalitas semakin meningkat dan telah mencapai tahap yang memprihatinkan. Menurutnya, kondisi ini bertambah parah dengan adanya pandemi COVID-19 yang menyebabkan perekonomian di Indonesia semakin memburuk. (Baca juga: Rektor IPB: Indonesia Harus Siapkan Skenario Pembelajaran Masa Depan )

Harga-harga kebutuhan primer yang semakin melambung bersamaan dengan banyaknya perusahaan melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) juga menambah jumlah pengangguran mengakibatkan angka kriminalitas semakin meningkat, khususnya pencurian kendaraan bermotor.

Sistem pengaman ini, lanjut Yanis, sengaja diperuntukkan untuk kendaraan roda dua. Karena kendaraan roda empat sudah memiliki sistem pengamanan yang telah dilengkapi dengan alarm sehingga dapat mencegah pencurian.

"Pada kendaraan roda dua atau sepeda motor sangat jarang yang terpasang sistem keamanan sehingga tingkat keamanan terbilang sangat rentan pencurian,” tegasnya. (Baca juga: Beasiswa Teladan Tanoto Foundation Kembali Dibuka untuk 9 PTN )

Pada rancang sistemnya, Yanis memadukan sistem android dengan fungsi dari mikrokontroler dari Arduino Mega 2560, module HC-05 dan Module SIM800L pada aplikasi android. Android dan Mikrokontroler Arduino Mega 2560 akan menjadi pengatur, baik masukan untuk mengakses module relay, motor servo untuk membuka kunci, menyalakan, mengunci hingga mematikan sepeda motor.

Sedangkan module Bluetooth berguna untuk keamanan dari sepeda motor. Ketika sambungan Bluetooth terputus, maka sepeda motor akan otomatis mati. Module GPS sendiri pada projek ini mempunyai fungsi untuk memberitahukan letak koordinat sepeda motor yang diakses melalui module SIM800L ke aplikasi android. Aplikasi android pengaman motor ini ia beri nama “Yanis Security Solutions”. (Baca juga: September, LPDP Buka Pendaftaran Beasiswa Khusus Pendidikan dan Kesehatan )

Dari hasil percobaan yang ia lakukan, rancang sistem telah bekerja sesuai dengan yang diharapkan. Namun, masih ada beberapa permasalahan yang ada, misalnya percobaan respon pada tombol aplikasi.

“Ketika diklik pencarian bluetooth dan eksekusi modul Bluetooth di Arduino, dengan delay 3-4 detik, harus berjarak 9 meter dari alat. Lebih dari itu tidak bisa menemukan jaringan Bluetooth,” jelas Yanis.

Sementara untuk module relay dan aplikasi bisa dioperasikan dengan baik. Untuk pengembangan alat, Yanis menyarankan supaya alat dapat dikembangkan dengan sistem yang lebih baik, misalnya tempat yang cocok dan aman untuk menempelkan alat tersebut.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1331 seconds (0.1#10.140)