Teknologi Turnitin Cegah Plagiarisme di Kalangan Siswa

Rabu, 16 September 2020 - 17:24 WIB
loading...
A A A
Mengajukan pertanyaan seperti "Apa yang Anda bayangkan akan terjadi jika ini terjadi di ruang kelas?" atau "Bagaimana ini akan diperlakukan berbeda jika X berbeda?" membuat siswa berpikir tentang berbagai hipotesis dapat membantu membingkai plagiarisme secara lebih luas.

Brazel juga menegaskan bahwa ini merupakan saat yang tepat untuk membahas perbedaan antara hak cipta dan plagiarisme. Pasalnya, di luar kelas, plagiarisme kerap kali menimbulkan masalah pelanggaran hak cipta yang mungkin perlu diwaspadai oleh siswa.

“Terutama di bidang-bidang seperti seni, film, sastra, dan musik, di mana plagiarisme tidak hanya membawa konsekuensi besar bagi karier seseorang tetapi juga potensi dampak hukum," kata dia.

Untuk menunjukkan konsekuensi jangka panjang, lanjut dia, pendidik juga dapat meminta siswanya untuk membayangkan jika mereka memulai suatu pekerjaan tetapi tidak dapat melakukannya dengan benar karena terlalu mengandalkan pekerjaan orang lain selama studi. Bagaimana mereka mengatasinya? Ini akan membantu siswa melihat bagaimana menghindari plagiarisme memberi kesempatan terbaik untuk menjadi kompeten dan percaya diri dalam karir.

Dengan mengembangkan siswa yang memiliki integritas akademik, masyarakat sudah berinvestasi dalam membentuk individu yang berintegritas yang nantinya akan melakukan berbagai peran seperti medis, petugas kesehatan, insinyur, profesional teknologi, serta posisi penting lainnya dalam bisnis, perdagangan, dan layanan publik.

“Sangat penting untuk membentuk pola pikir siswa dalam menjunjung tinggi integritas dengan mengakui pekerjaan orang lain dan tidak menjadikannya sebagai konten asli. Ini memastikan bahwa siswa dilengkapi dengan norma moral untuk menggunakan, mengutip, dan mengakui sumber akademis, menulis karya asli, serta mengembangkan keterampilan berpikir kritis. Lagipula, mengatasi plagiarisme bukan hanya tentang mencegah 'kecurangan', ini tentang memberi siswa keterampilan dan pemahaman yang mereka butuhkan agar unggul dalam karier apa pun yang mereka pilih,” tutup Brazel.
(mpw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2575 seconds (0.1#10.140)