Pencipta Lagu Genderang UI M Husseyn Umar Tutup Usia

Rabu, 23 September 2020 - 01:14 WIB
loading...
Pencipta Lagu Genderang UI M Husseyn Umar Tutup Usia
Alm. Husseyn Umar (kiri) dan dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP UI) AG Sudibyo. Foto/koleksi Yugo Isal/Fasilkom UI
A A A
DEPOK - Penulis syair lagu Genderang UI, M. Husseyn Umar tutup usia. Almarhum wafat dalam usia 89 tahun pada Senin, 21 September 2020, di Jakarta. Alumni Fakultas Hukum UI ini lahir pada 21 Januari 1931.

Para mahasiswa maupun alumni UI tentu mengetahui dan pernah menyanyikan lagu tersebut, karena Genderang UI merupakan Mars UI yang selalu dikumandangkan dan diperdengarkan dalam upacara penyambutan mahasiswa baru dan penglepasan wisudawan UI di Gedung Balairung UI, Kampus Depok.

Segenap pimpinan Universitas Indonesia (UI), sivitas akademika, serta warga UI mengucapkan turut berduka cita atas kepergian M. Husseyn Umar, FCBArb, FCIArb. Ia merupakan advokat senior, penulis, dan penyair. (Baca juga: Daftar Aplikasi dan Laman yang Dapat Diakses Bantuan Kuota Kemendikbud )

Dalam suatu kesempatan, Husseyn Umar bercerita tentang minatnya pada sastra dan menulis, yang timbul saat duduk di bangku sekolah di Pangkal Pinang, Bangka. Husseyn terpesona pada puisi-puisi penyair Belanda angkatan 1880 atau yang populer di dunia sastra sebagai de tachtiger. Ia mengaku sangat beruntung karena di masanya dulu, sistem pengajaran mulai dari SD mewajibkan siswa banyak membaca dan menceritakannya kembali dalam bentuk tulisan.

Kecintaannya akan menulis terus berlanjut hingga ke perguruan tinggi. Katanya, saat di bangku kuliah ia makin gencar menulis. Artikel dan tulisannya muncul di berbagai koran kampus, seperti Koran Mahasiswa terbitan UI. Husseyn juga aktif di organisasi Ikatan Wartawan Mahasiswa dan Persatuan Pers Mahasiswa Indonesia. Setelah terjun ke masyarakat, Husseyn Umar tidak berhenti menulis. Ia tetap melanjutkan menulis, untuk menuangkan pemikirannya akan dunia peradilan dan hukum di Indonesia melalui buku-bukunya, dalam bentuk puisi maupun prosa. (Baca juga: IPB University Luncurkan Sistem Monitoring Lahan Digital )

Salah seorang dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP UI) AG Sudibyo yang akrab disapa Mas Dibyo, menyampaikan rasa bela sungkawa atas kepergian Husseyn Umar. Dibyo menuturkan, setiap pertama kali dirinya mengajarkan lagu ini kepada mahasiswa baru, dirinya selalu mengatakan kepada mereka bahwa lagu ini merupakan jiwa setiap anak UI.

“Lagu ini akan selalu relevan dengan perkembangan zaman. Selama 37 tahun berturut-turut saya mengajarkan lagu ini kepada mahasiswa baru UI sejak 1983, tapi rasanya maknanya tidak ada yang berubah sampai sekarang. Selamat jalan Pak Husseyn Umar lagu ciptaanmu ini akan selalu bergema di kampus UI dan akan selalu menjadi inspirasi bagi setiap mahasiswa UI,” katanya, Selasa (22/9/2020).

_Universitas Indonesia; Universitas kami; Ibukota Negara; Pusat ilmu budaya bangsa; Kami mahasiswa; Pengabdi cita; Ngejar ilmu pekerti luhur; Tuk nusa dan bangsa._

_S’mangat lincah gembira; Sadar kan tugas mulia; Bersatu dalam karya; Mahasiswa._

_Universitas Indonesia; Perlambang cita; Berdasarkan Pancasila; Dasar Negara; Kobarkan semangat kita; Demi Ampera._

Lagu Genderang UI selalu dikumandangkan oleh sivitas akademika UI. ”Pesan yang terkandung dalam lirik tersebut akan terus membakar semangat mahasiswa UI sebagai pemuda Indonesia, tumpuan harapan negeri. Selamat jalan, Husseyn Umar,” ucap Dibyo.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4792 seconds (0.1#10.140)