Ornamen Header
UGM Jadi Tuan Rumah Forum Diskusi Teknik Elektro Internasional
UGM Jadi Tuan Rumah Forum Diskusi Teknik Elektro Internasional
Universitas Gadjah Mada (UGM) menjadi tuan rumah forum diskusi teknik elektro internasional yang berlangsung secara daring pada 23-24 September 2020. Foto/ist
JAKARTA - Universitas Gadjah Mada (UGM) menjadi tuan rumah forum diskusi teknik elektro internasional. Forum bertajuk International Conference on Electrical Engineering (ICEE) dan International Conference on Technology and Policy in Electric Power & Energy (ICT-PEP) 2020 ini digelar Forum Pendidikan Tinggi Teknik Indonesia (Fortei) berkolaborasi dengan PT Perusahaan Listrik Negara (Persero).

Acara ini dilangsungkan secara daring pada 23-24 September 2020 sebagai wadah diskusi bagi para pakar di bidang teknik elektro. Acara bertujuan menyediakan suatu wadah diskusi bagi para expert di bidang teknik elektro.

"Untuk kemudian memaparkan ide, hasil penilitian, dan temuan terbaru dalam bidang tersebut," kata Kepala Departemen Teknik Elektro dan Teknologi Informasi UGM, Sarjiya, melalui siaran pers, Sabtu (26/9/2020). (Baca juga: Mahasiswa ITS Asal Kebumen Ciptakan Aplikasi Tukar Sampah NUKERTRASH)

Ia mengungkapkan, tantangan yang semakin beragam dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi menjadi salah satu sorotan Fortei dalam upaya universitas dan profesional beradaptasi. Dalam hal ini, Fortei menjadi penyambung antara dunia profesional dan akademik dalam membuka dan mensinergikan teknologi terbaru dalam bidang kelistrikan guna meningkatkan mutu dan juga membuka potensi penelitian baru di masa mendatang.



Sebagai penyelenggara forum konferensi internasional ini, terang Sarjiya, UGM menyadari dengan berbagai keterbatasan akses dan juga situasi pandemi yang melanda, seluruh kegiatan disesuaikan dengan menjalankan rangkaian kegiatan secara daring melalui platform digital. (Baca juga: UGM Ciptakan GeNose, Alat Deteksi COVID-19 Kurang dari 2 Menit)

"Hal ini bertujuan guna memudahkan akses bagi para partisipan pada pelaksanaan lanjutan antara program kerja sama Fortei dengan PLN dalam upaya menjawab permasalahan industri dan profesional di bidang teknik elektro," ujarnya.

Fortei merupakan sebuah wadah komunikasi pendidikan tinggi teknik elektro Indonesia di segala jenjang pendidikan tinggi yang beranggotakan perguruan tinggi di Indonesia yang mencakup Program Studi Teknik Elektro dan Informasi.



Pada periode ini, juga akan diadakan Musyawarah Nasional Fortei yang kemudian memilih kepengurusan untuk periode selanjutnya, yang saat ini diketuai Sarjiya. Selain itu, acara juga mendiskusikan implementasi Kurikulum Merdeka Belajar untuk Perguruan tinggi khususnya di bidang Teknik Elektro. (Baca juga: Alumnus IPB Manfaatkan Ubi Jalar untuk Cegah Stunting di Afrika)

Seluruh rangkaian kegiatan diharapkan menjadi suatu wadah yang berdampak luas, dengan melibatkan IEEE Indonesia Section dan IEEE Systems, Man, and Cybernetics Indonesia (IEEE SMCS Indonesia Chapter) untuk kemudian mencakup bidang yang lebih luas. Terutama, di bidang elektronika, instrumentasi dan kontrol pada bidang teknik elektro, guna merangsang penelitian yang lebih mutakhir mengenai perkembangan teknologi cerdas dan juga hemat energi.

"Terlebih konferensi tingkat internasional juga membuka wawasan dan juga cakupan baru mengenai perkembangan teknologi dengan kacamata yang lebih luas dan variatif, sehingga kemudian disesuaikan dengan kondisi yang ada untuk perkembangan industri dan juga penelitian di bidang teknik elektro," papar Sarjiya.
(mpw)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!