FEM IPB University Kenalkan Departemennya ke Siswa SMA se-Indonesia

Selasa, 13 Oktober 2020 - 16:06 WIB
loading...
FEM IPB University Kenalkan Departemennya ke Siswa SMA se-Indonesia
Fakultas Ekonomi dan Manajemen, IPB University menggelar Webinar Get Closer with FEM IPB Chapter 2, Selasa (13/10). Foto/Dok/Humas IPB University
A A A
JAKARTA - Untuk menyebarkan informasi seputar pengenalan departemen yang ada di Fakultas Ekonomi dan Manajemen, IPB University menggelar Webinar Get Closer with FEM IPB Chapter 2, Selasa (13/10). Acara ini dihadiri 500 siswa SMA/Sederajat dari seluruh Indonesia.

Ketua Departemen Agribisnis FEM IPB University Dwi Rachmina menjelaskan bahwa Agribisnis IPB University adalah satu-satunya program studi agribisnis yang ada di Fakultas Ekonomi di Indonesia. Di universitas lain, Jurusan Agribisnis berada di Fakultas Pertanian. Agribisnis IPB University juga satu-satunya yang lulusannya mendapat gelar Sarjana Ekonomi, karena di universitas lain lulusannya mendapat gelar Sarjana Pertanian. (Baca juga: IPB University Kembangkan Teknologi Cek Kehalalan Produk dengan Mudah dan Cepat )

“Prospek kerja lulusan Agribisnis IPB University juga sangat luas sekali. Mulai dari wirausaha, konsultan agribisnis, bagian pemasaran, instansi pemerintahan dan perusahaan swasta sangat terbuka lebar untuk lulusan Agribisnis IPB University karena sudah banyak alumni yang membuktikan kualitasnya di banyak instansi dan perusahaan,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Departemen Ekonomi Sumberdaya dan Lingkungan (ESL) Ahyar Ismail, menjelaskan bahwa Departemen ESL itu satu-satunya di Indonesia dan adanya di IPB University. Departemen ESL fokus pada pengolahan sumberdaya dan lingkungan dari perspektif teori ekonomi serta mengkaji dampaknya terhadap masyarakat secara keseluruhan.

“Lulusan Departemen ESL menjadi analis, perencana, asisten peneliti dan socio-preneur dalam bidang ekonomi pertanian, sumberdaya dan lingkungan yang sangat fleksibel untuk melamar kerja di banyak instansi atau perusahaan nasional ataupun internasional. Bahkan Presiden ke-6 Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono merupakan alumni ESL IPB University,” jelasnya. (Baca juga: Robot Seni Tari UNY Rosemery Juara Kontes Robot Indoesia Regional II )

Sedangkan Ketua Departemen Ilmu Ekonomi Syariah Asep Nurhalim meluruskan anggapan bahwa ekonomi syariah itu hanya tentang perbankan syariah. Menurutnya, ada lebih dari itu. Ekonomi syariah menyentuh semua elemen ekonomi yang targetnya kesejahteraan masyarakat, bangsa dan negara yang dilandasi dan diilhami oleh nilai-nilai Islam.

“Departemen Ilmu Ekonomi Syariah memiliki fasilitas utama yaitu Bank Mini Syariah yang memfasilitasi mahasiswa untuk bisa merasakan langsung atmosfer dunia kerja. Ilmu adalah hak segala warga negara. Jadi Departemen Ilmu Ekonomi Syariah sangat terbuka untuk yang non-muslim sekalipun.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3330 seconds (0.1#10.140)