Ornamen Header
Permudah Belajar Daring, BPTIK Bikin Aplikasi Kelas Jateng dan Jateng Pintar
Permudah Belajar Daring, BPTIK Bikin Aplikasi Kelas Jateng dan Jateng Pintar
BPTIK Dikbud Provinsi Jawa Tengah mengembangkan aplikasi berbasis manajemen pembelajaran yaitu Kelas Jateng dan Jateng Pintar. Foto/Ist
SEMARANG - Bagi insan pendidikan yang ingin melakukan pertemuan virtual, kini ada alternatif baru yang dikembangkan oleh Balai Pengembangan Teknologi Informasi dan dan Komunikasi Pendidikan dan Kebudayaan (BPTIK Dikbud) Provinsi Jawa Tengah. Yakni sebuah aplikasi yang berbasis manajemen pembelajaran yaitu Kelas Jateng.

Aplikasi tersebut dapat digunakan untuk kegiatan belajar mengajar secara daring oleh guru dan siswa. Selain itu, BPTIK Dikbud juga menyediakan portal pendidikan yang berisi materi pembelajaran, yang disediakan di Jateng Pintar. (Baca juga: Keren! Jateng Kembali Juarai LKS SMK 2020 dengan Koleksi 26 Medali)

Kepala BPTIK Disdikbud Jateng, Bagus Surjanto menerangkan, Kelas Jateng merupakan learning management system atau biasa disebut kelas digital untuk pembelajaran jarak jauh.

Menurutnya, Kelas Jateng ditujukan untuk memfasilitasi guru dan siswa dalam aktifitas belajar daring, akan tetapi aplikasi tersebut juga bisa untuk masyarakat umum yang membutuhkan kelas digital gratis dan berkualitas.



ÔÇťAplikasi ini kami buat agar memudahkan guru dan siswa menjalankan proses kegiatan belajar mengajar di semua tingkatan kelas," terang Bagus Surjanto, Minggu (25/10/2020). (Baca juga: Kemenkominfo Turut Dukung Pendidikan di Era Digital)

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo pada 13 Oktober telah melaunching program sekolah tanpa sekat berupa sekolah virtual dan portal Kelas Jateng menjadi aplikasi yang direkomendasikan untuk mendukung program tersebut.

Karena berkat sekolah tanpa sekat, Provinsi Jawa Tengah dinobatkan menjadi Provinsi Terbaik Se-Indonesia Tahun 2020 dalam hal perencanaan pembangunan nasional berkat inovasi dan capaian yang dihasilkan.



Bagaimana cara menggunakan aplikasi Kelas Jateng ini? Bagus menjelaskan, guru dan siswa mesti mendaftar terlebih dahulu. Caranya pun mudah, cukup masuk laman kelas.jatengprov.go.id atau ketikkan saja Kelas Jateng pada pencarian di browser, klik daftar, masukkan alamat email, tulis username, buat password, terakhir pilih sebagai guru atau sebagai murid.
halaman ke-1 dari 2
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!