Mahasiswa FTUI Juara 1 dan 2 Lomba Desain Inovasi Kapal Kesehatan

Kamis, 12 November 2020 - 00:04 WIB
loading...
A A A
Dosen pembimbing tim tersebut, Achmad Riadi, menuturkan, “Kedua kapal didesain dengan memanfaatkan Internet of Things (IoT) untuk meminimalisir kontak fisik antara tim medis dan pasien tanpa mengurangi pelayanan kesehatan, seperti smart door, patient monitoring system, dan smart light room.

IoT juga dimanfaatkan untuk memantau keadaan pasien yang dihubungkan dengan aplikasi di gawai pintar para tenaga medis. Kedua kapal juga dilengkapi dengan sistem tata udara yang baik untuk menghindari penyebaran virus melalui udara, serta peralatan medis standar untuk ambulans dan unit stretcher ambulance otomatis.

"Saat ini, kami sedang menjajaki peluang untuk memproduksi Kapal Ambulans dengan berkolaborasi bersama rekan di Fakultas Kedokteran UI,” terangnya.

Akses kesehatan yang terbatas serta minimnya fasilitas medis yang dapat menjangkau daerah-daerah di Indonesia, menjadi tantangan tersendiri dalam penanganan pandemi COVID-19. Melalui rancangan karya mahasiswa UI ini, diharapkan turut membuka peluang dan memberikan solusi atas penanganan pasien COVID-19 di daerah 3T Indonesia.
(mpw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3209 seconds (0.1#10.140)