Keren, Aplikasi Ciptaan Unpad Bisa Deteksi Kualitas Tanaman Padi

Rabu, 02 Desember 2020 - 07:10 WIB
loading...
A A A
Selanjutnya, pengguna dapat mengunggah foto kondisi tanaman padi ke aplikasi. Saukat menjelaskan, foto yang diunggah bisa foto yang diambil secara langsung ataupun foto yang tersimpan di galeri ponsel.

Foto yang telah diunggah akan dikirim ke server untuk dianalisis. Dari foto tersebut, server akan menentukan apakah tanaman padi sudah cukup nutrisinya atau belum.

Lebih lanjut Saukat mengatakan, proses analisis foto di server tidak memerlukan waktu yang lama, bergantung pada kondisi sinyal internetnya. Tidak kurang dari 5 menit, analisis foto dapat langsung ditampilkan di aplikasi. “Agar pemrosesan image di server lebih optimal, sebaiknya upload banyak foto dengan beberapa angle,” kata Saukat.

Selain itu, hasil analisis juga bergantung pada kualitas foto yang diunggah. Mimin menjelaskan, aplikasi akan memberi peringatan apabila foto tidak memadai untuk dianalisis, contohnya buram. Ke depan, Mimin dan tim juga akan mengembangkan aplikasi dengan kemampuan mengolah foto lebih presisi untuk menghasilkan analisis yang lebih presisi pula.

Penelitian aplikasi ini bekerja sama dengan Yanmar Environmental Sustainability Support Association (YESSA) di Jepang selaku pemberi hibah. Selama 2 tahun, tim terus mengembangkan aplikasi dan menambahkan sejumlah fitur terbaru.

Menurut Dosen Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem FTIP Unpad Handarto, PhD, dalam 2 tahun, Yanmar memberikan hibah senilai 35.000 US Dollar. “Unpad berhasil mendapat hibah berdasarkan beberapa parameter yang membuat YESSA menyetujui riset kita,” kata Handarto.

Diharapkan, proyek riset dengan YESSA ini dapat terus berkelanjutan meski terkendala pandemi Covid-19. Tidak hanya menghasilkan inovasi aplikasi, proyek riset ini juga berhasil meluluskan mahasiswa Sarjana hingga mengarah pada publikasi internasional. “Kita juga berhasil mendapat rekognisi internasional dari agensi internasional,” tuturnya.

Saat ini, aplikasi DSS Padi sudah diujicobakan di 4 Kabupaten, yaitu Kabupaten Bandung, Cianjur, Sumedang, dan Indramayu. Diharapkan, DSS Padi dapat berkontribusi meningkatkan kinerja pertanian.
(mpw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1564 seconds (0.1#10.140)