Universitas Pertamina Buka Seleksi Tanpa Tes dengan Nilai Rapor

Kamis, 03 Desember 2020 - 12:28 WIB
loading...
Universitas Pertamina Buka Seleksi Tanpa Tes dengan Nilai Rapor
Gedung Universitas Pertamina. Foto/Dok/Humas UP
A A A
JAKARTA - Universitas Pertamina (UP) membuka pendaftaran mahasiswa baru melalui nilai rapor. Calon mahasiswa pun berkesempatan mendapat beasiswa penuh.

Berdasarkan siaran pers yang diterima SINDOnews, Kamis (3/12), menjelang tahun ajaran baru, kampus besutan Pertamina ini kembali membuka kesempatan bagi siswa-siswi dari seluruh Indonesia untuk menjadi bagian dari energi masa depan melalui jalur non-tes. (Baca juga: 30 Universitas Terbaik di Indonesia versi QS Asia University Rangking 2021 )

Pendaftaran mahasiswa baru melalui seleksi nilai rapor untuk Tahun Akademik 2021/2022 ini telah dibuka sejak tanggal 15 November 2020 hingga 4 Januari 2021 mendatang. Pengisian data diri dilakukan pada 18 Desember hingga 5 Januari di laman pendaftaran.

Peserta seleksi dapat memilih empat program studi yang ada di Universitas Pertamina, disesuaikan dengan kelompok ujian dan latar belakang pendidikan SMA/SMK/sederajat yang tengah ditempuh.

Untuk kelompok ujian IPA/IPS, biaya pendaftaran adalah senilai Rp150.000. Sedangkan untuk kelompok ujian IPC, biaya pendaftaran adalah sejumlah Rp200.000. (Baca juga: Mahasiswa IPB University Juarai Lomba Menulis Artikel Pertanian )

Para peserta seleksi juga berkesempatan untuk mendapatkan beasiswa penuh berupa potongan biaya pangkal 100% dan biaya SPP 100%. Informasi lengkap terkait program studi serta syarat dan ketentuan pendaftaran dapat diakses di laman https://universitaspertamina.ac.id/pendaftaran/.

Dilihat dari laman resmi Universitas Pertamina, persyaratan seleksi nilai rapor Universitas Pertamina tahun 2021/2022 adalah menerima siswa SMA/sederajat lulusan tahun 2020 dan 2021 serta memiliki nilai rapor semester 1-5.

Peserta juga tidak menderita buta warna untuk beberapa program studi yang mempersyaratkan bebas buta warna. Selain itu pada seleksi jalur ini peserta cukup menginput nilai rapor dan mengunggah scan dokumen nilai rapot semester 1-5 pada saat pengisian dan diri sesuai dengan jadwal yang ditentukan. (Baca juga: Cerita Mahasiswa ITB saat Menjuarai Lomba GEMASTIK 2020 )

Mata pelajaran yang diperhitungkan dalam seleksi nilai rapor Universitas Pertamina Tahun 2020 adalah Kelompok IPA meliputi Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Fisika dan Kimia. Kelompok IPS meliputi Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Ekonomi dan Sosiologi.

Berikutnya, Kelompok IPC meliputi Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Fisika, Kimia, Ekonomi dan Sosiologi. Nilai yang diinput sesuai dengan data nilai yang benar dimiliki oleh siswa pada rapor semester 1-5.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1996 seconds (0.1#10.140)