10 Siswa Madrasah Aliyah Terima Penghargaan Prestasi Talenta Indonesia 2020

Kamis, 24 Desember 2020 - 09:21 WIB
loading...
10 Siswa Madrasah Aliyah Terima Penghargaan Prestasi Talenta Indonesia 2020
Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Ahmad Umar. Foto/Dok/Humas Kemenag
A A A
JAKARTA - Sepuluh siswa madrasah aliyah binaan Kementerian Agama (Kemenag) menerima penghargaan Prestasi Talenta Indonesia 2020 . Penghargaan ini akan diberikan pada Puncak Persembahan Prestasi Talenta Indonesia 2020 yang digelar Kemendikbud secara daring, 27 – 30 Desember 2020.

Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Ahmad Umar mengatakan, sepuluh siswa tersebut berasal dari enam madrasah. Tiga madrasah adalah peraih penghargaan karena prestasi tingkat nasional. Ketiganya adalah MAN 2 Kota Malang (3 siswa), MAN IC OKI (1 siswa), dan MAN 2 Pekanbaru (1 siswa). (Baca juga: Kembangkan Teknologi, Kemendikbud Raih 4 Penghargaan Top Digital Awards 2020 )

“Tiga madrasah lainnya karena prestasi tingkat internasional, yaitu: MAN IC Serpong (2 siswa), MAN 2 Kota Malang (2 siswa), dan MAN 2 Pekanbaru (1 siswa),” terang Ahmad Umar di Jakarta, Rabu (23/12).

Menurutnya, ajang ini digelar oleh Pusat Prestasi Nasional, Setjen, Kemendikbud. Puncak Persembahan Prestasi Talenta Indonesia diselenggarakan sebagai bentuk apresiasi kepada para peserta didik berprestasi Indonesia yang meraih medali emas pada kegiatan kompetisi, lomba, dan festival yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional Tahun 2020 di tingkat nasional dan internasional.

“Peserta yang diundang berjumlah 677 peserta didik berprestasi di bidang Sains, Teknologi, dan Inovasi; bidang Seni, Bahasa, dan Literasi; bidang Olahraga dan Kesehatan Jasmani; serta bidang Vokasi dan Kewirausahaan, mulai dari jenjang Pendidikan Dasar, Pendidikan Menengah, Pendidikan Khusus, dan Pendidikan Tinggi,” jelasnya. (Baca juga: Era Teknologi, Minat Siswa Madrasah Terjun ke Dunia Sains Terus Meningkat )

“Tujuan kegiatan ini antara lain memberikan wadah silaturahmi, berbagi gagasan, menjalin kolaborasi, mendeklarasikan mimpi, dan cita-cita para generasi berprestasi Indonesia,” lanjutnya.

Kepala MAN 2 Kota Malang Binti Maqsudah mengatakan lima siswanya akan mendapat penghargaan pada Puncak Persembahan Prestasi Talenta Indonesia 2020. Tiga siswa karena meraih prestasi nasional, yaitu: Habibah Azmiyatus Sholihah (medali emas bidang Kimia Kompetisi Sains Nasional atau KSN 2020), Hafidza Fatma Yona (medali emas Kompetisi Penelitian Siswa Indonesia atau KoPSI 2020), dan Siti Andriani (medali emas Kompetisi Penelitian Siswa Indonesia (KoPSI) 2020)

Dua siswa lainnya, mendapat prestasi internasional. Yaitu, Rafa Nanda Akilah (medali perak atau silver medal Global e-Comeptition Astronomy and Astrophysics atau GeCAA yang merupakan pengganti ajang IOAA 2020), dan Lugas Firdinand Hamdi (medali perunggu atau bronze medal International distributed Physics Olympiad atau IdPho 2020).

Kepala MAN IC Serpong, Naim menambahkan bahwa ada dua siswanya yang juga akan meraih penghargaan. "Keduanya telah mengharumkan nama MAN IC Serpong, Kemenag, dan Indonesia dengan meraih prestasi nasional," ujarnya.

Kedua siswa tersebut adalah Farrel Alfaza Marsetyo (peraih medali perak International Biology Olympiad atau IBO Challenge 2020 yang dilaksanakan secara daring pada 7-13 Agustus 2020) dan Muhammad Andika Rifqi (peraih penghargaan dalam International Earth Science Symposium atau IESS 2020 yang dilaksanakan secara daring pada 18 September 2020 sampai dengan 11 Oktober 2020).
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5307 seconds (0.1#10.140)